Jakarta, Selular.ID – Apple secara resmi telah mengumumkan tiga varian iPhone terbaru, yakni iPhone XS, XS Max, dan XR di di Teater Steve Jobs, Cupertino, California, Kamis (13/9/2018) dinihari WIB atau Rabu (12/9/2018) pagi waktu California, dalam sebuah gelaran bertajuk Gather Round.

Diantara tiga seri yang dirilis Apple, dua diantaranya diprediksi akan laris penjualannya. Pasalnya iPhone XS, dan XS Max merupakan dua seri yang memiliki spesifikasi lebih unggul dari iPhone sebelumnya.

Setelah dua minggu diluncurkan, kabar lain menyebutkan bahwa penjualan iPhone XS dan iPhone XS Max belum dapat melampaui angka penjualan iPhone generasi sebelumnya. Duo iPhone baru itu masih sedikit peminat ketimbang iPhone 6.

Hal ini berdasarkan perhitungan penjualan iPhone 6 dalam periode waktu yang sama. Dilaporkan GSM Arena, analisa ini terungkap dari seorang sumber yang merahasiakan identitasnya. Bahkan menurut sumber tersebut, permintaan pasar untuk seri iPhone XS akan semakin melambat pada akhir tahun 2018.

Sumber tersebut mengatakan, minimnya angka penjualan ini disebabkan harga jual iPhone XS dan iPhone XS Max yang terlampau tinggi tapi tidak diiringi dengan peningkatan spesifikasi. Ini menyebabkan calon konsumen berpikir ulang untuk membeli dua perangkat ini.

Tidak hanya kedua seri itu kondisi serupa juga dialami pada seri iPhone XR. Alih-alih menjadi varian termurah, kinerja ponsel iPhone XR dianggap tidak setara dengan harga yang dibanderol. Bahkan menurut sumber, penjualan ponsel ini bakal tidak seagresif ponsel flagship Android.

Padahal Harga iPhone XR menjadi yang paling murah dengan harga jual mulai dari USD749. Analsa lain pun menyebutkan, menurut Goldman Sachs, Analis, Rod Hall, menilai harga jual yang “terlalu murah itu dapat menghambat penjualan varian iPhone lain.

Menurut Hall, seperti dilaporkan Mac Rumors, .dia menilai hal ini secara efektif ‘mengorbankan’ SKU iPhone/8+ dan mendorong menurunkan harga jual rata-rata serta perkiraan pendapatan, tapi sedikit diimbangi dengan unit yang lebih banyak.

Kendati demikian kondisi ini belum bisa menjadi tolok ukur untuk penjualan trio iPhone 2018 ke depannya. Pasalnya periode penjualan ketiga iPhone saat ini terbilang masih cukup singkat apalagi ketiga iPhone ini baru dirilis secara global pada 21 September kemarin.