Friday, April 19, 2019
Home News Market Update Dolar Naik, Konsumen Enggan Beli Smartphone?

Dolar Naik, Konsumen Enggan Beli Smartphone?

-

Jakarta, Selular.ID – Mata uang rupiah terhadap dolar AS terpantau melemah selama tiga pekan terakhir. Namun sepertinya daya beli konsumen tidak terpengaruh terutama produk smartphone.

Seperti yang disampaikan PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto saat ditemui media usai peluncuran OPPO F9 Starry Purple RAM 6GB, di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

“Dolar naik bukan berarti pelemahan terhadap ekonomi. Cuman mungkin orang akan menahan diri untuk membeli perangkat. Tapi tidak semua orang menahan diri membeli perangkat,” ucap Aryo.

Bukan tanpa bukti, pernyataan Aryo mengacu pada hasil penjualan smartphone terbarunya OPPO F9 Starry Purple yang tetap ludes diborong konsumen saat flash sale. Menurutnya, angka penjualan di Shopee di luar ekspektasi.

“Biasanya kita awali produk baru, varian baru, atau warna baru, dengan sistem pre-order yang periodenya panjang. Sekarang kita coba jual cepat. Alhamdulillah angkanya bagus. Dalam waktu dua menit 400 unit terjual,” ungkap Aryo.

Dengan hasil itu, wajar bila Aryo mengatakan tidak ada pengaruh pelemahan rupiah terhadap pembelian smartphone. Tapi Aryo tidak menampik sebagian orang menahan diri untuk membeli smartphone. Tapi tidak di kota besar. Menurutnya, belanja smartphone mereka tetap tinggi.

Sekilas mengenai OPPO F9 6GB varian Starry Purple yang baru diresmikan pekan ini, tetap mengusung spesifikasi yang sama kecuali RAM yang lebih besar. OPPO F9 mengusung layar IPS 6,3 inci Full HD desain “Waterdrop Fullscreen” dengan persentase rasio screen-to-body sebesar 90,8%.

Teknologi VOOC Flash Charge pada OPPO F9 menawarkan pengisian daya empat kali lebih cepat dibanding pengisian daya konvensional. Dalam pengisian 30 menit, baterai OPPO F9 bisa terisi 75 persen. Untuk mencapai 100 persen sekitar satu jam.

OPPO F9 ditopang prosesor Mediatek Helio P60, penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas hingga 256GB menggunakan microSD, sistem operasi ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo, serta baterai 3500mAh.

Untuk keperluan fotografi, OPPO F9 juga hadir dengan kamera utama ganda beresolusi 16MP + 2MP dengan diafragma F/1.8 dan 2.4, serta kamera depan beresolusi 25MP. Keseluruhan kamera dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (kecerdasan buatan).

OPPO F9 tersedia dalam tiga varian warna: merah, biru, ungu. Ketiga warna akan tersedia dalam dua konfigurasi, RAM 4GB dan 6GB, mulai pekan ini dengan harga Rp4.299.000 (4GB) dan Rp4.999.000 (6GB).

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.