Jakarta, Selular.ID – Inovasi tanpa henti patut dilekatkan ke OPPO berkat produk terbarunya yang dibawa ke Indonesia. Melalui OPPO Find X, perusahaan resmi menjadi vendor pertama yang menawarkan smartphone dengan kamera popup/geser di tanah air.

OPPO menyebut mekanisme geser itu dengan nama 3D Stealth Camera. Penasaran dengan cara kerjanya? Berikut pemantauan Selular.ID saat acara peluncuran OPPO Find X di Jakarta beberapa waktu lalu.

3D Stealth Camera

Merevolusi desain monoton pada smartphone, OPPO mengambil konsep unified design yaitu meminimalkan semua komponen yang ada pada tampak luar, sehingga vendor harus menata ulang semua komponen-komponen yang ada pada smartphone, termasuk kamera dan speaker.

Kamera dan speaker akhirnya dimuatkan OPPO pada satu modul yang bernama 3D Stealth Camera, atau modul kamera tersembunyi yang secara otomatis bergeser ke atas ketika diperlukan.

Modul ini bergerak dengan sangat elegan sehingga membuat OPPO Find X terlihat dinamis dan berinteraktif.

Modul ini berisi kamera depan, dot proyektor, speaker, kamera depan, kamera infrared, dan lampu infrared, sementara di sisi belakang terdapat AI dua kamera yang mempunyai flash LED.

OPPO menggunakan struktur satu mesin penggerak dan dua jalur slider, sehingga dengan sedikit dorongan saja sudah bisa menggerakkan keseluruhan modul bergeser ke atas dalam waktu yang sangat singkat yaitu 0,6 detik.

BACA JUGA:
Pertama Usung Super VOOC, Oppo R17 Pro Menuju Indonesia

Ketika kami mencobanya, modul ini akan otomatis kembali ke posisi semula setelah selesai digunakan sehingga modul ini tidak akan menguras banyak daya.

Durabilitas Kamera Popup

Jika Anda ragu mengenai berapa lama kamera dengan mekanisme popup ini bisa bertahan, perusahaan punya hasil pengujiannya.

“200 kali geser atas dan bawah, hanya menggunakan 1 persen baterai OPPO Find X,” ujar Suwanto, Marketing Plan, Oppo Indonesia, pada peluncuran OPPO Find X di Jakarta beberapa waktu lalu (18/7/2018).

Suwanto mengaku telah menguji penggunaan 3D Stealth Camera ini sebanyak 300.000 kali berturut-turut.

“Jadi jika Anda membuka kamera setiap hari membukan kamera sebanyak 200 kali, modul ini tetap tahan digunakan selama lebih dari empat tahun,” ujar Suwanto menerangkan.

Terlebih, Suwanto menekankan kalau angka tersebut bukan maksimal ketahanan penggunaan melainkan minimal ketahanan penggunaan.

Bila yang dikatakan Suwanto benar, tentu ini adalah suatu kelebihan yang dimiliki OPPO Find X. anda tidak perlu khawatir mengenai berapa lama Anda bisa menggunakan 3D Stealth Camera.

Ditambah, berkat konsep ‘ngumpet’, kamera OPPO Find X menjadi jarang terekspos di luar sehingga modul ini tidak gampang tergores.

Kendati sudah begitu, OPPO tetap melapisi area tersebut dengan Corning Gorilla Glass 5.0 baik di depan maupun di belakang sehingga kamera OPPO Find X semakin lebih terlindungi dibandingkan kamera smartphone lainnya.

BACA JUGA:
Selular Editor’s Choice 2018: Smartphone dengan Inovasi Terbaik

Retract Otomatis

Satu hal yang kami anggap brilian adalah OPPO men-setting sistem retract otomatis guna menghindari terjadinya benturan ketika smartphone jatuh.

Ya, jadi ketika smartphone terdeteksi akan jatuh atau sedang jatuh saat Anda membuka menu kamera, maka kamera akan kembali ke posisi semula dan tidak akan terjadi benturan. Dengan begitu kamera akan aman meski OPPO Find X terlepas dari genggaman.

Tidak hanya itu, OPPO Find X mempunyai bodi yang sangat kuat dan solid serta rapat sehingga tidak gampang masuk debu. Perusahaan mengaku telah menguji 3D Stealth Camera ini dalam ruangan penuh debu selama 16 jam berturut-turut, dan tidak terjadi masalah baik selama penggunaan maupun setelahnya.

Dalam setiap fitur dengan inovasi baru, OPPO pasti menjamin inovasi ini bisa digunakan dengan nyaman dan mempunyai kualitas yang bisa diandalkan.

Dual Lens AI Camera

Sebagai smartphone premium, kamera yang disematkan juga berbeda dari smartphone sebelum-sebelumnya. Tiga kamera tersembunyi di balik kerangka unibody OPPO Find X sudah menggunakan sensor Sony.

Pada bagian depan, kamera OPPO Find X memiliki resolusi 25MP aperture f/2.0 dengan sensor IMX 576. Kamera depan ditemani aneka fitur seperti 3D structured light, Sensor HDR, 3D Omoji, 3D AI Beauty Technology, dan AI Portrait Mode.

BACA JUGA:
Oppo A7 Jadi Pilihan Pembeli Untuk Kapasitas RAM 4GB

Di bagian belakang, OPPO Find X dibekali kamera ganda, yakni 16MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX 519. Dan kamera sekunder 20MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX 376k.

Pada kamera belakang OPPO Find X memiliki sejumlah fitur antara lain AI Recognition, AI Beautification, AR sticker, AI Portrait Mode, dan RAW HDR.

Spesifikasi OPPO Find X

Smartphone OPPO Find X menampilkan layar AMOLED 6,42 inci dengan resolusi Full HD dan aspek rasio 19,5:9 yang sudah terlindungi Corning Gorilla Glass 5.

Menjadi flagship terbaru, Oppo Find X ditopang chipset Snapdragon 845 prosesor Octa-core dengan 4×2.8GHz Kryo 385 Gold dan 4×1.7GHz Kryo 385 Silver, serta dipadu prosesor grafis Adreno 630.

Hanya ada satu varian konfigurasi, Oppo Find X yang dijual di Indonesia memiliki RAM 8GB dan internal storage 256GB (tidak tersedia slot micro SD).

OPPO Find X sudah dilengkapi ColorOS 5.1 yang berbasis Android 8.1 dan disokong baterai kapasitas 3.730mAh dengan pengisian daya menggunakan port USB Type-C.

Konsumen Indonesia sudah bisa membeli OPPO Find X di gerai-gerai offline maupun online dengan harga Rp12.999.000.