Jakarta,Selular.ID – Tahun lalu Twitter menyatakan 24 negara sudah bisa menggunakan Twitter Lite, namun Indonesia belum bisa mencicipi Twitter Lite saat itu.

Pengguna Twitter di Indonesia hanya kebagian Twitter Lite versi desktop pada Mei 2017 lalu. Namun hari ini  (14/08/18) Indonesia bersama 20 negara lainnya, menambah daftar panjang negara yang mendapatkan aplikasi Twitter Lite.

Negara-negara tersebut adalah Argentina, Belarus, Jordan, Kenya, Lebanon, Maroko, Nicaragua, Paraguay, Rumania, Turki, Uganda, Ukraina, Uruguay, Yaman, dan Zimbabwe. Dengan demikian, Twitter Lite resmi tersebar di 46 negara.

Seperti dilaporkan Cnet, saat ini, aplikasi sudah bisa diunduh di Play Store. Aplikasi ini hanya kompatibel dengan perangkat berbasis Android versi 5.0 dan di atasnya.

Tidak seperti versi orisinalnya yang memiliki file unduhan cukup besar, Twitter Lite hanya memiliki ukuran file unduhan 3 MB. Selain dapat menghemat ruang di perangkat, Twitter Lite juga bisa menghemat penggunaan kuota karena dapat bekerja di jaringan 2G atau 3G.

Twitter Lite menggunakan teknologi Progressive Web App (PWA) sehingga mampu menghemat data hingga 70% dan lebih cepat 30% bila dibandingkan dengan akses dari aplikasi di ponsel.

Twitter Lite memiliki beberapa fitur, misalnya Data saver yang membantu pengguna mengontrol proses unduhan gambar. Jika ftur ini diaktifkan, pengguna bisa memilah gambar atau video mana yang ingin diunduh dengan klik Load image (unduh gambar atau Load video (unduh video).

Tidak hanya itu fitur bookmarks juga muncul di Twitter Lite yang membantu pengguna untuk menyimpan kicauan yang ingin dilihat lagi lain kali atau sekadar menyimpannya. Seperti di versi situs web mobile, di versi aplikasi juga menyediakan fitur push notificiation agar pengguna tidak tertinggal pemberitahuan terbaru.

Sebelumnya, Twitter Lite tersedia di 21 negara, yaitu Aljazair, Bangladesh, Bolivia, Brasil, Cile, Kolombia, Kosta Rika, Ekuador, Mesir, Israel, Kazakhstan, Meksiko, Malaysia, Nigeria, Nepal, Panama, Peru, Serbia, El Salvador, Afrika Selatan, Thailand, Tunisia, Tanzania dan Venezuela.