Friday, May 24, 2019
Home News Raih USD1 Miliar, Intel Optimis AI Bisa Jadi Tambang Uang

Raih USD1 Miliar, Intel Optimis AI Bisa Jadi Tambang Uang

-

Jakarta, Selular.ID – Intel mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendulang sedikitnya USD1 miliar dari pelanggan yang menjalankan kecerdasan buatan (AI) yang ditanamkan pada chip buatan mereka pada 2017. Ini adalah pengakuan resmi pertama Intel setelah menggeluti bisnis tersebut sejak beberapa tahun lalu.

Keberhasilan tersebut membuat Intel semakin optimis dengan bisnis AI karena bisa menjadi tambang uang di masa depan. Tak tanggung-tanggung, raksasa peranti lunak itu memproyeksikan dapat melipatgandakan pendapatan hingga US$ 200 miliar peluang pasar untuk bisnis data-centric pada 2022.

EVP dan GM Intel Data Center Grup Navin Shenoy menyebutkan bahwa perusahaan akan menaruh fokus pada bisnis di sekitar data-centric khususnya AI. Dia mengatakan keberhasilan tersebut berkat teknologi AI yang dibenamkan pada prosesor Intel Xeon di pusat data.

“Kami terus meningkatkan pelatihan AI dan kinerja inferensi. Secara total, sejak 2014, kinerja kami telah meningkat lebih dari 200 kali,” ungkap Shenoy.

Dalam beberapa tahun terakhir, Intel difokuskan pada penyediaan daya komputasi untuk aplikasi berbasis web di pusat data, ditengah penjualan PC yang tren terus menurun.

“Peluang terbesar dalam sejarah perusahaan”, karena menetapkan target pendapatan jangka panjang untuk bisnis data-sentris.

Dia menjelaskan era baru komputasi data-sentris telah meningkatkan proliferasi komputasi awan, transisi yang akan datang dari 5G, dan pertumbuhan AI dan analisis. Hal itu diyakini telah mendorong pergeseran besar di pasar, menciptakan sejumlah besar data sebagian besar belum dimanfaatkan.

“Dan ketika Anda menambahkan pertumbuhan dalam kekuatan pemrosesan, terobosan dalam konektivitas, penyimpanan, memori dan algoritma, kita berakhir dengan cara yang sama sekali baru berpikir tentang infrastruktur”, ujar Shenoy.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest