Jakarta,Selular.ID – Sony pun tidak ketinggalan memberikan update Android Pie di smartphonenya.

Disebutkan, ada enam Xperia yang mengusung Android Pie menjelang akhir tahun. Sebut saja, Xperia XZ2, Xperia XZ2 Compact, Xperia XZ2 Premium, Xperia XZ1 Compact, dan Xperia XZ Premium.

Dilaporkan Express, smartphone Sony dengan brand khasnya yakni Xperia merupakan seri yang kurang sukses di pasaran juga di Indonesia.

Tentunya, dengan adanya upgrade ini, diharapkan selain mendongkrak kembali citra Sony, juga dapat mengatasi masalah yang terdapat dalam smartphone tersebut.

BACA JUGA:
HMD Sengaja Tunda Update Pie Demi Penjualan Nokia 8.1

Android Pie kabarnya berfokus pada perbaikan di belakang layar yang dirancang untuk membuat ponsel Android bekerja lebih cepat sambil menghemat masa pakai baterai yang berharga.

Selain itu, sistem ini juga mendukung Artificial Inteligent (AI), serta ponsel poni atau notch.

Tidak hanya itu, seperti diberitakan Android Pie membawa beberapa pembaruan. Salah satu fitur baru yang hadir pada Android P adalah navigasi berbasis gestur atau ketukan dan usapan di layar.

BACA JUGA:
Asus ZenFone 5 di Indonesia Sudah Terima Android 9.0 Pie

Fitur ini menjadi pengganti tombol-tombol dasar yang biasanya ditemukan di ponsel Android seperti home, back dan recent apps.

Pada Android P, tombol-tombol dasar tersebut dihilangkan dan diganti dengan tombol strip kecil pada bagian bawah. Pada tombol strip inilah pengguna bisa menggunakan gestur usapan sebagai navigasi pengganti tombol dasar.

Untuk menggunakan navigasi dasar ini adalah, pengguna cukup mengetuk sekali saja tombol strip pada bagian bawah. Secara otomatis pengguna akan dibawa menuju tampilan homescreen.

BACA JUGA:
Januari, Asus ZenFone 5 Series di Indonesia Terima Android 9.0 Pie

Kemudian, untuk membuka recent apps, biasanya pada bagian kanan atau kiri tombol homescreen. Namun karena pada Android P ini hanya ada satu tombol strip, maka semua berpusat pada tombol ini.