Jakarta, Selular.ID – Perangkat kebugaran anyar besutan Garmin Vivosmart 4 resmi diluncurkan. Perangkat hadir usai sang rival Fitbit Charge 3 tersedia di pasaran.

Pertengahan Agustus, Fitbit Charge 3 meluncur dengan harga $149,99 atau setara Rp2,2 juta. Sementara Garmin Vivosmart 4 ditawarkan dengan label harga yang hampir sama dan fitur kesehatan yang hampir identik.

Garmin Vivosmart 4 dijual sedikit lebih murah yakni $129,99 atau setara Rp2 juta, jadi wajar bila ukuran layar OLED-nya lebih kecil dan kurang menarik.

BACA JUGA:
Fitbit OS 3.0 untuk Versa dan Ionic Mulai Bergulir

Kedua wearable device terjangkau itu pada dasarnya mampu melakukan hal yang sama, melacak detak jantung Anda, memberikan wawasan tentang kebiasaan tidur Anda dan kualitas istirahat, dan bahkan daya tahan baterai yang sama 7 hari “dengan penggunaan standard.”

Sepertinya Garmin sengaja membuat Vivosmart 4 lebih kecil dan lebih ramping, menjadikannya tampak lebih cantik, berkat kombinasi warna yang manis: aksen trim perak, emas, dan rose gold, dipasangkan dengan tali silikon “berry”, azure blue, powder grey, dan black.

BACA JUGA:
Smartwatch Garmin Vivoactive 3 Music Resmi, Terhubung LTE

Dua fitur terpenting yang menjadikan Garmin Vivosmart 4 lebih canggih dari pendahulunya adalah apa yang disebut sensor “pulse ox” dan monitor energi Body Battery yang baru.

Pulse ox membantu Anda lebih memahami seberapa baik Anda tidur di malam hari dengan mengukur “tingkat saturasi oksigen darah Anda.”

Serupa dengan “sensor SpO2 relatif” pada Fitbit Charge 3.

Sementara monitor Body Battery akan memperkirakan “cadangan energi tubuh” setiap saat untuk memberi tahu Anda kapan Anda bisa latihan keras atau perlahan.

BACA JUGA:
Ini Tiga Keunggulan Fitbit Charge 3 Dibandingkan Versa

Digadang-gadang “aman untuk kolam dan pancuran”, Garmin Vivosmart 4 bisa dipasangkan dengan smartphone iOS dan Android untuk meneruskan pemberitahuan, peringatan, dan pesan di pergelangan tangan Anda, serta mengontrol musik, dan bahkan membalas pesan teks (hanya di Android).
  
Sama dengan Fitbit Charge 3, Garmin Vivosmart 4 juga tidak menyediakan Fungsi GPS dan NFC.