Jakarta, Selular.ID – Samsung Electronics Indonesia resmi memperkenalkan varian terbaru dari seri Galaxy A, Galaxy A8 Star di Indonesia, (08/08/2018). Gawai besutan vendor yang didominasi warna biru ini sebelumnya telah debut di Filipina pada Juni 2018 lalu.

Sedikit berbeda dengan varian Galaxy A lainnya, Galaxy A8 Star memiliki dua kamera belakang yang berada di pojok kanan atas berjejer secara vertical.

Posisi kamera ini mirip dengan iPhone X, walaupun perbedaannya hanya dibagian LED flash saja. iPhone X memiliki LED flash yang berada diantara dua kamera belakang, sedangkan Galaxy A8 Star berada di bawah kamera.

Jika dilihat, varian Samsung Galaxy A, J, dan Galaxy S series terbaru juga memiliki posisi dua kamera berjejer secara vertical, namun berada ditengah.

BACA JUGA:
IDC: Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q3 2018

Sepertinya, raja ponsel yang bermarkas di Korea Selatan ini ‘kepincut’ desain rival abadinya, Apple. Lihat saja, iPhone X yang telah debut pada kuartal ke-4 2017, membawa tren baru bagi pasar ponsel. Beberapa diantaranya notch atau poni di layar dan posisi kamera berjejer secara vertical dipojok kanan atas.

Apple sendiri bagaikan ‘kiblatnya’ desain bagi para vendor ponsel dunia. Terbukti, hampir seluruh vendor China seperti Oppo, Vivo, dan Xiaomi mengusung notch dan posisi kamera yang berjejer vertical.

Tak tanggung-tanggung, bahkan ada vendor ponsel yang menjiplak secara keseluruhan iPhone X mulai dari desain hingga UI (User Interface).

BACA JUGA:
Samsung Hadirkan Notebook 9 dengan S Pen

Namun, kehadiran Samsung Galaxy A8 Star sepertinya bakal memanjakan para konsumen Samsung. Pasalnya, gawai yang dibanderol Rp.7,9 juta ini memboyong beberapa fitur unggulan yang ada pada seri Galaxy S, salah satunya Bixby Vision.

Selain itu, beberapa konfigurasi lain ialah prosesor Snapdragon 660, RAM 4GB, dan penyimpanan internal 64GB.

Bicara desain, Galaxy A8 Star memiliki bentang layar 6,3 inci Super Amoled. Pada bagian belakang, terdapat sensor sidik jari, dual-camera, dan LED flash.

Letak sensor sidik jari pada Samsung Galaxy A8 Star sepertinya agak sulit dijangkau. Hal ini dikarenakan posisinya yang terlalu menepi keatas, tidak seperti varian lainnya yang berada ditengah, tepatnya dibawah kamera.

BACA JUGA:
Q4-2018: Laba Operasional Samsung Diprediksi Anjlok 12%

galaxy a8 star

Jadi, pengguna akan merasa kurang nyaman ketika ingin menggapai sensor sidik jari tersebut karena harus mengulurkan jarinya sedikit lebih atas.

Sebelumnya, Samsung juga pernah mendapatkan kritik ‘pedas’ oleh penggunanya terkait masalah posisi sensor sidik jari pada Galaxy S8. Sensor sidik jari tersebut berada disamping kamera yang berjejer secara horizontal. Namun, Samsung menanggapi keluhan para pelanggannya dengan positif. Walhasil, mereka menghadirkan keluarga Galaxy S9 dengan posisi sidik jari yang lebih mudah digapai, tepat dibawah kamera.