Sunday, May 19, 2019
Home Games Fortnite Tidak Akan Tersedia di Google Playstore, Kenapa?

Fortnite Tidak Akan Tersedia di Google Playstore, Kenapa?

-

Jakarta, Selular.ID – Game Fortnite besutan Epic Games tengah gencar diperbincangkan oleh para gamers. Pasalnya, game bergenre Battle Royale ini tidak akan menggunakan Google Playstore sebagai platform distribusinya.

Menurut keterangan resmi Epic Games, pengguna yang ingin mendownload Fortnite untuk Android, dapat mengunduhnya melalui situs resmi. Kejadian ini sama persis ketika Fortnite hadir untuk PC, dimana Epic mengambil keputusan untuk mem-bypass Steam, yang merupakan “gudang” game terbesar saat ini.

Ini adalah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk sebuah game yang memiliki animo tinggi. Dalam kejadian ini, pihak pengembang memiliki dua alasan, yang pertama adalah bahwa mereka ingin Fortnite hadir langsung ke para penggemarnya, sedangkan alasan kedua mereka tidak ingin membagi hasil sebesar 30% kepada Google.

“Epic ingin memiliki hubungan langsung dengan pelanggan kami di semua platform jika memungkinkan”, menurut CEO Tim Sweeney, sebagaimana Selular.ID lansir dari Techradar, Minggu (05/08).

Mengapa Fortnite tidak tersedia di Playstore?

Epic tidak mau membayar potongan 30 persen ke Google, terutama mengingat seluruh permainan didanai melalui pembelian dalam aplikasi (In-App Purchase). “Pajak toko 30 persen adalah biaya tinggi di dunia, dimana 70% pengembang game harus menanggung semua biaya pengembangan, pengoperasian, dan mendukung permainan mereka,” tambah Sweeney.

Namun pada platform seluler yang bersifat open-source, seperti Android, “30 persen tidak proporsional dengan biaya layanan yang dilakukan toko ini (Google Playstore), seperti pemrosesan pembayaran, bandwidth unduhan, dan layanan pelanggan,” jelas Sweeney.

Google sendiri tidak seperti Apple, dimana Apple mewajibkan penggunanya menginstal aplikasi hanya melalui saluran resminya, App Store. Maka dari itu, pihak Epic Games tidak memiliki alternatif lain selain mengunggahnya melalui App Store.

Baca: Belum Tersedia di Android, Fortnite Bawa Malware

Namun, semenjak kehadiran Android 8.0.1, Google telah meningkatkan keamanan dan seleksi yang ketat terhadap aplikasi maupun game yang ingin “mejeng” di platformnya.

Kapan Fortnite hadir untuk Android?

Hingga saat ini, pihak Epic Games belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait peluncuran Fortnite untuk platform Android. Untuk mengobati rasa penasaran, tim Selular.ID mencoba untuk mencari link unduh game Fortnite melalui website resmi Epic Games. Namun kami tidak menemukan unduhan yang memiliki ekstensi .apk.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest