Friday, May 24, 2019
Home Apps Facebook Mulai Lirik Layanan Perbankan

Facebook Mulai Lirik Layanan Perbankan

-

Jakarta,Selular.ID – Setelah merambah bisnis iklan pada fitur messenger, Facebook bersiap merambah industri financial.

Facebook memang berambisi untuk memperluas layanannya ke bidang finansial. Hal yang sudah dilakukan kompetitornya, seperti Google dan Amazon.

Seperti bisnis iklan, Facebook menawarkan Messenger sebagai solusi untuk meningkatkan layanan sejumlah bank tersebut.

Dilaporkan Reuters, Facebook menuturkan fitur Messenger dapat membantu nasabah yang ingin mengetahui saldo tabungannya sekaligus memberikan peringatan saat ada indikasi fraud.

Menurut Facebook, nasabah dapat melacak data transaksinya, mulai dari saldo, bukti transaksi, hingga laporan soal informasi soal transfer.

Informasi ini diketahui dari rencana Facebook untuk bekerja sama dengan sejumlah bank di Amerika Serikat. Menurut kabar yang enggan disebutkan namanya, perusahaan telah berbicara dengan JPMorgan Chase, Citigroup, Wells Fargo, dan US Bancorp.

Kabarnya gebrakan Facebook ini disambut datar pihak perbankan.
Alasannya, pihak bank masih mempertanyakan cara media sosial itu menangani data pribadi milik nasabah.

Karenanya, salah satu bank dilaporkan langsung menolak tawaran tersebut. Di sisi lain, Facebook mengaku pihaknya tidak akan menggunakan data bank untuk kebutuhan iklan tertarget atau berbagi dengan pihak ketiga.

Terlebih, masih segar di ingatan ada skandal Cambridge Analytica yang mengakibatkan jutaan data pengguna Facebook disalahgunakan oleh pihak ketiga.

Menanggapi laporan tersebut, Facebook mengaku tidak pernah meminta data transaksi finansial ke bank. Menurut Facebook perusahaan hanya menawarkan layanan pelanggan di chatbot melalui Messenger.

Fitur serupa sebenarnya sudah tersedia untuk layanan perbankan dari American Express, Mastercard, dan PayPal. Oleh sebab itu, Facebook berencana untuk memperluas layanan ini ke bank tradisional.

Sejauh ini belum ada informasi tentang waktu peluncurannya, tetapi Facebook mengonfirmasi para karyawannya sudah menguji fitur tersebut. Melalui fitur Dating, para pengguna Facebook bisa melihat orang-orang juga bisa mengaktifkan fitur tersebut.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest