Fitur kencan Facebook yang bertajuk Facebook Dating ini tidak akan hadir dalam bentuk aplikasi yang berdiri sendri, melainkan akan disatukan ke dalam aplikasi utamanya. Perusahaan bisa saja membuat Facebook Dating ini menjadi satu aplikasi (standalone), tetapi mereka tidak melakukannya demi meredam ekspektasi tentang orang-orang bahwa kemungkinan Facebook telah meniru aplikasi Tinder.

Fitur ini belum sepenuhnya siap untuk publik, tetapi beberapa karyawan perusahaan diketahui bahwa sekarang mereka sedang mengujinya secara internal. Sebelumnya, Facebook telah memberikan preview fitur Dating pada konferensi F8.

BACA JUGA:
Tahap Akhir, Fitur Dark Mode untuk Facebook Messenger Sedang Uji Coba Publik

Dilansir dari Tech Crunch, Minggu (05/08), jika pengguna sudah mengaktifkan fitur Facebook Dating, maka hanya orang lain yang juga telah mengaktifkannya yang bisa pengguna  lihat. Ketika diaktifkan, semua pemberitahuan mengenai Facebook dating tidak akan dibagikan di dinding kabar berita.

Walau pemberitahuan tersebut tidak akan muncul di kabar berita, ada opsi yang memungkinkan teman kalian untuk melihat pemberitahuan tersebut. Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa profil kencan akan memungkinkan opsi non-biner, transgender, dan orientasi. Selain itu, ada juga grup dan acara yang menjadi bagian Facebook Dating.

BACA JUGA:
Foto 6,8 Juta Akun Facebook Bocor

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menelusuri kecocokan berdasarkan info yang sudah Facebook ketahui. Jika sudah menemukan orang yang dirasa cocok dengan profil, penggu a bisa langsung melakukan percakapan melalui SMS, Facebook Mesengger, atau WhatsApp jika orang itu telah menyatakan minat yang sama.

Untuk menghindari spam, Facebook akan membatasi jumlah orang yang dapat pengguna cari. Juga, jika pengguna memblokir seseorang di dalam Facebook Dating, orang tersebut tidak akan terblokir juga di Facebook.

BACA JUGA:
Facebook Messenger Miliki Fitur AR dan Boomerang

Facebook tidak mengenakan biaya sedikitpun bagi siapa saja yang ingin menggunakannya, dan di dalam fitur Facebook Dating juga akan bebas dari iklan.

Perlu  diketahui, Facebook Dating akan menjadi fitur untuk pengguna dengan umur 18+ di AS. Perusahaan juga mematuhi hukum setempat tentang siapa yang bisa dianggap sebagai “Dewasa”.