Jakarta, Selular.ID – Pernahkah Anda mengalami aplikasi yang digunakan pada smartphone Anda berhenti sendirinya atau force close? Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya kesalahan sistem pada smartphone Android.

Jika tidak segera diatasi maka akan menimbulkan permasalahan baru bahkan merusak smartphone Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara mengatasi force close tersebut.

Berikut cara mengatasi force close pada smartphone Android seperti dikutip Android Authority.

  1. Bersihkan Cache Setiap Aplikasi

Ketika menemui masalah force close di aplikasi tertentu, Anda dapat membersihkan cache pada aplikasi tersebut. Caranya cukup mudah yakni sebagai berikut.

  • Akses menu Settings terlebih dulu
  • Selanjutnya pilih Application Management
  • Lalu pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan cache-nya.
  • Kemudian Clear Cache.
  • Dengan melakukan langkah tersebut, masalah force close dapat teratasi. Namun, jika masih bermasalah, Anda bisa menghapus Clear Data untuk menghapus semuanya, lalu masuk kembali ke aplikasi tersebut.
  1. Install Ulang Aplikasi yang sering Force Close
BACA JUGA:
Bank Commonwealth Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth Dengan Fitur Robo Advisory

Jika aplikasi pada smartphone Android Anda sudah tidak bisa dijalankan secara normal, maka Anda dapat melakukan install ulang aplikasi.

Caranya mudah, Anda hanya perlu uninstall aplikasi yang bermasalah. Pilih apikasi yang ingin Anda uninstall langsung pada apps drawer, atau Anda bisa akses menu setting lalu pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan. Selanjutnya, Anda cari aplikasi yang sama di Google Play Store dan kembali menginstalnya.

  1. Restart Smartphone
BACA JUGA:
Siapa Penguasa Pasar Smartphone di Asia Tenggara?

Cara paling simpel mengatasi force close di Android adalah dengan me-restart smartphone Anda. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda sudah melakukan soft reset agar smartphone Anda siap dipakai kembali. Sebaiknya restart smartphone Android Anda secara rutin agar performanya selalu terjaga.

  1. Factory Reset

Jika ketiga langkah tersebut sudah dilakukan, namun aplikasi Android Anda masih mengalami force close, Anda bisa melakukan factory reset.

BACA JUGA:
Tips Percepat Akses App Store

Sebelum melakukan factory reset, Anda harus melakukan backup data terlebih agar data Anda tidak hilang setelah melakukan factory reset. Cara melakukan factory reset juga cukup mudah, Anda hanya perlu akses menu setting, lalu pilih factory reset.