tips dan trick Oppo F7. tips Oppo F7

Jakarta,Selular.ID – Smartphone yang dirilis pada 17 April 2018 ini membawa layar seluas 6,23 inci Full HD dengan rasio 19:9. Yang menarik adalah, Oppo F7 memiliki desain layar yang sama seperti iPhone X. Dimana layarnya memiliki notch atau poni di bagian bezel atasnya yang membuat smartphone ini terkesan lebih modern.

Sedikit informasi tentang dapur pacunya, Oppo F7 sudah didukung dengan chip MediaTek Helio P60 Cortex A-37 Octa core, yang memiliki clock speed mencapai 2.0Ghz. Smartphone ini didukung dengan RAM 4GB atau 6GB dan memori internal berkapasitas 64GB atau 128GB yang bisa di-upgrade dengan micro-SD mencapai 256GB.

Kamera yang dimiliki ponsel ini terbilang cukup mumpuni. Oppo F7 didukung dengan kamera depan 25 megapiksel f/2.0 dan kamera belakang 16 megapiksel f/1.8 dengan dukungan AI.

Selain yang dijelaskan diatas, Oppo F7 juga kedatangan sejumlah fitur baru yang mungkin belum kalian ketahui. Berikut rangkuman 8 fitur baru dan juga tips dan trick yang akan mempermudah kalian menggunakan Oppo F7.

1. Bar Navigasi yang Bisa Dioperasikan dengan Gesture

tips dan trik oppo f7, tips oppo f7, fitur oppo f7

Karena smartphone ini sudah mengusung desain bezel-less, maka Oppo tidak membuat bar navigasi seperti kebanyakan smartphone lainnya, melainkan langsung menyatu dengan layarnya. Untuk memberikan kesan yang luas pada layar, kalian bisa menyembunyikan bar navigasi yang ada di layar tersebut dan menggantikannya dengan gesture.

BACA JUGA:
Ingin Nomor WhatsApp Lebih Privasi? Lakukan Hal Ini

Untuk mengaktifkannya, kalian bisa pergi ke Settings – Smart and Convonient – Navigation Keys. Jika sudah, pilih Swipe-up Gesture Navigation. Di menu tersebut, ada dua macam opsi yang dapat kalian pilih, tinggal pilih saja sesuai kebutuhan.

Untuk opsi Back At Both Sides, kalian bisa usap satu jari kalian dari paling bawah layar ke atas untuk kembali ke Home Screen, dan usap satu jari dari bawah layar ke atas dan tahan untuk membuka Recent Task. Terakhir usap satu jari dari bawah layar ke atas di bagian kiri dan kanan untuk kembali ke halaman sebelumnya. Atau lebih jelasnya, kalian bisa melihat demonya di dalam menu tersebut.

2. Sembunyikan Foto, Video, atau File Lainnya dengan Fitur Private Space

tips dan trik oppo f7, tips oppo f7, fitur oppo f7

Fitur kali ini sangat berguna bagi kalian yang butuh privasi tinggi untuk menyimpan data-data, foto, video, atau yang lainnya. Kalian bisa mengunci private space ini agar tidak bisa diakses orang lain. Untuk membuka private space ini, kalian bisa menggunakan fingerprint, face unlock, atau passcode. Untuk mengaktifkannya, pergi ke Settings – Security, lalu tap menu Private Safe untuk menggunakannya.

3. Jalankan Dua Aplikasi dalam Waktu Bersamaan dengan Fitur Split Screen

tips dan trik oppo f7, tips oppo f7, fitur oppo f7

Sangat mudah untuk menggunakan fitur yang satu ini, kalian bisa langsung sapukan tiga jari secara bersamaan dari bawah ke atas. Sebelum itu, kalian perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di Settings – App Split-Screen. Jika fitur ini aktif, layar akan terbagi dua, dan akan dibatasi dengan garis hijau ditengahnya.

BACA JUGA:
3 Cara Mudah Membangun Bisnis Digital

4. Asisten Pintar

tips dan trik oppo f7, tips oppo f7, fitur oppo f7

Halaman asisten pintar ini ada dibagian paling kiri pada layar Home. Kalian dapat menambahkan aplikasi apa saja yang sering digunakan, dalam kata lain ini berfungsi sebagai shortcut untuk aplikasi yang sering digunakan.

Kalian juga bisa menambahkan kontak yang sering dihubungi ke halaman tersebut. Selain itu, asisten pintar ini juga bisa memberi tahu kalian cuaca saat ini. Bahkan ada juga penghitung langkah kaki yang juga akan menghitung seberapa jauh kalian melangkah.

5. Kontak VIP

tips dan trik oppo f7, tips oppo f7, fitur oppo f7

Fitur ini bisa membuat kontak yang menurut kalian penting untuk ditandai sebagai VIP. Ini berarti, sekalipun ponsel dalam mode senyap, jika kontak VIP melakukan panggilan, maka ponsel akan  tetap berbunyi. Tentunya, kalian tidak akan melewatkan panggilan penting dari kontak VIP ini.

6. Screenshot bergulir atau panjang kebawah

tips dan trik oppo f7, tips oppo f7, fitur oppo f7

Tips dan trick Oppo F7 selanjutnya ialah Screenshot bergulir. Untuk melakukannya, pertama kalian harus mengambil screenshot terlebih dahulu dengan cara usap tiga jari secara bersamaan dari atas kebawah, atau tekan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan. Langkah selanjutnya, tap pratinjau screenshot yang ada dibagian bawah layar. Tap lagi menu Long Screenshot dan gulir kebawah untuk membuat screenshot panjang.

BACA JUGA:
Buat Tahun Baru Makin Asik, Lakukan 4 Hal Ini di Smartphonemu

7. Kids Space: Fitur Ramah Anak-Anak

tips dan trik oppo f7, tips oppo f7, fitur oppo f7

Fitur ini pastinya sangat berguna untuk para orang tua yang ingin membatasi dan mengawasi aktivitas anak saat menggunakan smartphone. Dengan Kids Space, kalian bisa menentukan durasi untuk masa penggunaan aplikasinya, dan menentukan aplikasi apa saja yang dapat diakses.

Kalian juga harus menentukan passcode untuk mengunci agar ponsel tetap di mode kids space. Tujuannya adalah agar anak tidak bisa kembali ke mode normal saat mereka sedang menggunakan ponsel. Untuk mengaktifkannya, pergi ke Settings – Security, lalu pilih Kids Space.

8. Fitur Full Screen Multitasking

tips dan trik oppo f7

Fitur ini dikhususkan bagi kalian yang tidak mau repot-repot keluar aplikasi untuk membalas pesan saat sedang menonton film atau main game dalam mode fullscreen. Karena fitur ini akan memunculkan kotak dialog kecil dari aplikasi perpesanan tersebut agar kalian bisa membalasnya. Untuk memunculkan kotak dialog tersebut, usap ke dalam pada bagian notch atau poni untuk memilih aplikasi perpesanan tersebut.

Itulah delapan tips dan trick Oppo F7. Simak tips lainnya melalui tautan berikut.