Benjamin Caranicas shows his Pokemon Go character while walking in St. Paul on Monday, July 11, 2016. Caranicas, of New York City, said he's been playing the game since shortly after its release. (Pioneer Press: Andy Rathbun)

Jakarta, Selular.ID – Meskipun gaungnya tidak seperti saat pertama kali dikenalkan, namun sebagai pengembang, Niantic berusaha untuk memberikan kenyaman penggunanya, serta berusaha menimalisir pemain yang curang.

Upaya meminalisir kecurangan, pengembang game ini membuat tiga peraturan baru.

Diberitakan Engadget, kecurangan yang dimaksud adalah pemain yang melanggar ketentuan layanan dan pedoman pelatih Pokemon GO, seperti memalsukan lokasi, mengakses Pokemon GO atau melakukan tindakan yang tidak sah, bahkan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

BACA JUGA:
Pokemon Masih Peroleh Keuntungan Fantastik, Ini Nilainya

Setiap peringatan tidak hanya sekedar peringatan. Bakal ada hukuman dan jenisnya bervariasi. Misalnya, pemain bisa tidak mendapatkan fitur-fitur tertentu selama tujuh hari. Jika peringatan tidak diindahkan, maka pemain akan kehilangan akses ke akun mereka untuk sementara, selama 30 hari. Hukuman paling fatal adalah menutup akun gamer.

Peraturan itu terdiri dari tiga peringatan. Peringatan pertama, pemain tidak dapat menemukan Pokemon langka di alam liar. Pokemon tidak mungkin muncul di peta, dan pemain mungkin dikecualikan dari menerima EX Raid Passes baru.

BACA JUGA:
Pokemon Sword dan Shield Segera Hadir di Nintendo Switch

Teguran pertama akan berlangsung selama tujuh hari, setelah itu gameplay kembali ke bentuk normalnya.

Kemudian peringatan kedua, pengguna akan kehilangan akses ke akun Pokemon GO selama 30 hari, tidak dapat mengakses bagian apa pun dari game.

Jika akun tertulis peringatan kedua, pemain akan kehilangan akses ke akun Pokemon GO untuk sementara. Ketika mencoba masuk ke game, pemain akan mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa akun ditangguhkan.

BACA JUGA:
PUBG Andalkan Machine Learning Menghentikan Pemain Curang

Kebijakan ketiga, Niantic akan sepenuhnya dan secara permanen melarang akun Pokemon GO.