Jakarta,Selular.ID – Pemprov DKI Jakarta akan melakukan uji coba pemasangan internet dengan kecepatan 5G di kawasan Kota Tua, Jakarta-Barat.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga Salahuddin Uno (Sandi), Wakil Gubernur DKI Jakarta disela-sela acara program XL Future Leaders (XLFL), di Jakarta (24/07/18). Menurut dia, Pemprov bekerjasama dengan XL Axiata. Uji coba itu akan dilakukan selama pagelaran Asian Games 2018.

BACA JUGA:
Semester Dua 2019, Smartphone 5G Honor Diluncurkan

Dijelaskan Sandi, pemasangan nanti akan memanfaatkan tiang-tiang penerangan jalan umum di sekitar Kota Tua, dan menggunakan teknologi Wireless Gigabit (Wigig).

“Ini diharapkan jadi percontohan di wilayah lain Jakarta, karena kita akan hadirkan koneksi kelas dunia yg akan memacu kreatifitas anak-anak bangsa,”tutur Sandi.

Hal tersebut menurut Sandi bukan tidak mungkin hadirkan koneksi kelas dunia, pasalnya kecepatan Wigig memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat dibandingkan Wi-Fi jenis n (hanya 600 Mbps) atau punya kecepatan sampai 7 Gbps.

BACA JUGA:
XL Axiata Bakal Aktifkan Jaringannya di Kepulauan Anambas

Dengan dipasangnya internet berkecepatan 5G itu, Sandi mengatakan, warga bisa mengakses internet 10 GB hanya dalam waktu 3 detik.

Sandi berharap internet ini bisa dimanfaatkan oleh ribuan wisatawan di Kota Tua. Dia menargetkan bulan Agustus mendatang sudah bisa dinikmati masyarakat.

Namun pihak XL Axiata enggan berkomentar banyak mengenai hal tersebut, menurutnya, hal itu tunggu sampai tiba waktunya.