Jakarta, Selular.ID – Jika Anda menggunakan smartphone Huawei, mungkin pernah mengalami tidak bisa menginstal VLC player dari Google Play Store. Itu karena pengembang mem-blacklist merek smartphone Anda.

Keputusan terbaru dan kontroversial dari tim pengembang VideoLAN menyebabkan blacklist smartphone Huawei dan tidak memungkinkan mereka menemukan aplikasi VLC Player di Google Play.

Kenapa? Karena semakin banyak pengguna Huawei yang mengeluh tentang fitur tertentu VLC Player tidak berfungsi pada perangkat mereka dan memberi rate rendah pada penilaian aplikasi. Terlebih karena pemutaran latar belakang dibatasi ketika layar smartphone Huawei dimatikan.

BACA JUGA:
Merasakan Huawei Nova 4 Edisi 200 Juta

VLC Player menyerukan optimasi perangkat lunak baterai Huawei adalah penyebabnya.

Dalam posting Twitter, VideoLAN menjelaskan vendor China itu terlalu agresif dengan kebijakan aplikasinya di latar belakang. Smartphone membunuh hampir semua aplikasi yang berjalan di latar belakang kecuali aplikasi bawaan.

BACA JUGA:
Dituding Curi Data Amerika Serikat, Pemerintah Cina Tidak Terima

Pada gilirannya, pengembang VideoLAN tidak bisa berbuat apa-apa, jadi mereka memutuskan untuk mem-blacklist perangkat Huawei untuk melindungi rating aplikasi VLC Llayer di Google Play Store, karena rating tidak bisa dikendalikan.

Menanggapi hal itu, Huawei telah mengeluarkan pernyataan resmi tentang masalah ini dan sekarang bekerja dengan pengembang aplikasi untuk menyelesaikannya.

Untuk saat ini, perusahaan menyarankan pengguna smartphone Android Huawei menggunakan solusi dengan cara:

BACA JUGA:
Resmi, Huawei P30 Lite Meluncur 14 Maret

Pengaturan > Baterai > Peluncuran APP, cari aplikasi yang diinginkan dan turn off “Manajemen Otomatis”.

Lalu buka “Kelola Secara Manual” dan izinkan “Peluncuran-otomatis”, “Peluncuran sekunder”, dan “Berjalan di latar belakang”.