Jakarta, Selular.ID – Di kancah jam tangan pintar, Apple Watch masih mendominasi permainan. Terkirim lebih banyak di kuartal kedua, tetapi pangsa pasar Apple Watch menurun, menurut Canalys.

Perusahaan riset itu mempublikasikan laporan kuartal kedua di pasar smartwatch. Pada Q2 2018 kinerja Apple Watch luar biasa dengan 3,5 juta unit yang dikirim, tetapi tidak berhasil menyamai tingkat pertumbuhan pasar dan kehilangan sebagian pangsa pasarnya.

BACA JUGA:
Ikut-Ikutan Apple, Saham Xiaomi Anjlok

Penelitian menunjukkan pada Q2 2018, pengguna di seluruh dunia membeli 10 juta jam tangan pintar secara total dan dibandingkan dengan Q2 tahun lalu, yang berarti meskipun pertumbuhan Apple sebesar 30%, bagiannya menyusut dari 43% menjadi 34%.

Pertumbuhan Apple terutama didorong oleh popularitas Watch model LTE di Asia, yang terjual 250.000 unit, atau 60% dari seluruh penjualan Apple Watch di Asia.

BACA JUGA:
Tidak Hanya Mengubah Desain, iPhone 2019 Dibekali WiFi 6

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino mampu melakukan transaksi dengan banyak maskapai Asia untuk menawarkan varian LTE seperti di Jepang, Singapura, Thailand, India, Korea Selatan dan bahkan Australia, yang benar-benar meningkatkan eksposurnya.

Sayangnya, Canalys tidak merinci pangsa pasar merek lain selain Apple Watch.

Akan menarik melihat pertarungan pasar smartwatch di Asia yang sedang bertumbuh terutama setelah Fitbit merilis resmi Versa di enam negara di region Asia Tenggara awal Juni 2018 termasuk Indonesia.