Saturday, July 20, 2019
Home Tips Cegah Serangan Hacker di iPhone Dengan 5 Cara ini

Cegah Serangan Hacker di iPhone Dengan 5 Cara ini

-

Jakarta, Selular.ID – Tingkat kejahatan cyber semakin bertambah setiap harinya. Sejumlah kasus peretasan kerap terjadi tak hanya pada komputer namun juga smartphone.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda harus memberikan perlindungan extra terhadap smartphone Anda.

Sejauh ini, perangkat berbasis iOS memang terbilang cukup aman dari serangan para hacker, malware, serta virus. Hal ini dikarenakan Apple memberikan tingkat keamanan extra bagi perangkatnya.

Meski demikian, kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Oleh karena itu Anda harus memberikan perlindungan maksimal terhadap iPhone Anda guna mencegah serangan hacker, seperti berikut ini.

Baca juga : Mengatasi Baterai iPhone yang Boros

  1. Gunakan Pin atau Sensor Fingerprint

Mengunci layar merupakan salah satu cara untuk mencegah seseorang mengakses aplikasi dan data penting yang tersimpan di dalam ponsel. Untuk mengaktifkannya, buka Settings > General > Touch ID & Passcode. Anda dapat memilih untuk menyalakan penggunaan sidik jari atau PIN numeric ketika mengakses iPhone.

  1. Gunakan Password Lebih Panjang

Pada umumnya, setiap pabrikan ponsel menyediakan PIN keamanan sebanyak empat digit. Namun, ada satu dari 10,000 kesempatan di mana seseorang berhasil menebak password kamu. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa pilih jumlah digit PIN yang digunakan. Apple menyediakan pilihan Custom Alphanumeric Code, Custom Numeric Code, dan 4-Digit Numeric Code. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Settings > Touch ID & Passcode > Change Passcode.

Baca juga : Apple Face ID Gagal Cegah Hacker

  1. Aftifkan Fitur Auto Delete

Apple menghadirkan fitur auto delete hampir di semua lini iPhone besutannya. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengatur atau menghapus data yang ada di dalam iPhone apabila ada orang asing yang memaksa masuk ke smartphone tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini juga cukup mudah, yakni:

  • Pilih Touch ID & Passcode
  • Geser layar ke atas untuk menemukan menu ‘Erase Data’ dan geser tombol untuk menyalakannya.
  • Dengan ini, data di dalam ponsel akan dihapus secara otomatis bilamana seseorang salah mengetik PIN sebanyak 10 kali.
  1. Non-aktifkan Siri

Siri terkadang dapat dieksploitasi penyusup untuk membocorkan data penting. Penyusup yang sudah mengincar iPhone Anda, dapat dengan mudah menanyakan berbagai pertanyaan yang kemungkinan membocorkan informasi penting. Untuk menghindari hal tersebut, Anda cukup buka Settings > Touch ID & Passcode, dan matikan Siri pada pilihan menu “Allow Access When Locked.”

  1. Jangan Gunakan AutoFill

Bagi Anda yang sering chatting di berbagai aplikasi pesan instan pasti pernah menggunakan fitur AutoFill. Walau fitur ini cukup membantu saat sedang mengetik, ternyata fitur ini akan menyimpan berbagai teks penting dan sering Anda gunakan. Apalagi disaat Anda mengisi nama, password, username, atau informasi lainnya, fitur ini akan secara otomatis menuliskan teks tersebut. Untuk mematikannya, buka menu Settings > General dan matikan Passwords & AutoFill.

Latest