spot_img
BerandaBuyer's GuideApple Face ID Gagal Cegah Hacker

Apple Face ID Gagal Cegah Hacker

-

iphone-x-face-id
Jakarta, Selular.ID – Fitur keamanan Face ID besutan Apple adalah sistem pengenalan wajah teraman saat ini untuk smartphone. Berbeda dengan yang ada di Android, Face ID tidak bisa di-hack dengan foto, dan bisa digunakan untuk memgotentikasi pembayaran mobile.

Face ID jauh lebih aman daripada fitur keamanan Apple sebelumnya Touch ID, dan kemungkinan besar akan disematkan ke lebih banyak perangkat Apple di masa depan. Bahkan, produsen perangkat Android pun berupaya menyalin Face ID tahun ini.

Tapi Face ID bukan anti-hack. Fitur keamanan itu baru saja terbukti gagal mencegah pembobolan seorang anak muda yang bisa membuka kunci layar iPhone X orang tua mereka.

Anak kembar dan kembar tiga juga bisa membuka kunci ponsel milik saudara mereka, terutama di usia muda, dan sepertinya kita tahu mengapa hal itu terjadi.

Sebuah video menunjukkan Face ID berhasil di-hack antara dua anggota keluarga berbeda. Diposting di YouTube, sebuah klip video pendek menunjukkan seorang anak perempuan dan ibunya membuka unit iPhone yang sama dengan menggunakan Face ID.

Anak perempuannya tidak semuda itu, dan dia tidak begitu mirip dengan ibunya.

Mengejutkannya, Face ID berhasil dibobol berkali-kali. Mungkin perangkat berpikir orang yang sama yang menghadap telpon, dan mengizinkannya membuka kunci perangkat.

Belum diketahui apakah iPhone memang dilatih untuk mengenali kedua anggota keluarga tersebut. Cara kerja Face ID adalah terus mengambil gambar pengguna kapan pun telepon dibuka, untuk terus memperbarui ekspresi matematis yang ditetapkan ke wajah seseorang.

Dengan memasukkan kata sandi setelah gagal membuka Face ID, Anda praktis menginstruksikan ponsel untuk menyertakan pemindaian terbaru di pustakanya.

Apakah ini benar-benar hack? Atau semacam kesalahan dimana Face ID dilatih untuk mengenali dua wajah itu? Toh, kedua wanita itu masih ibu dan anak perempuan, jadi sepertinya Face ID bisa menemukan sedikit kesamaan di antara keduanya.

Apapun yang memungkinkan hack ini bekerja, Apple haris bisa menemukan cara untuk memperbaikinya.

Anda bisa menyaksikan videonya di bawah ini:

Artikel Terbaru