Jakarta,Selular.ID – Ajang olah raga empat tahunan Asian Games akan segera dimulai pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Segala persiapan pun sudah dipersiapakan, untuk menyambut gelaran itu, termasuk ujicoba layanan 5G di Indonesia.

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Infornatika menjelaskan bahwa, selama penyelenggaran Asian Games ke 18 Gelora Bung Karno Senayan Jakarta terhubung 5G. Uji coba tersebut akan dilakukan oleh operator Telkomsel.

BACA JUGA:
Qualcomm: Tahun ini, 30 Smartphone Siap Mendukung 5G

“Saat Asian Games nanti akan ada test 5G autonomous car dan untuk menayangkan pertandingan badminton dan basketball,”ujar Rudiantara di Jakarta (26/07/18).

Dalam uji coba tersebut, terang Rudiantara, nantinya akan didemokan pengoperasian mobil tanpa sopir dengan memanfaatkan jaringan 5G. Mobil tersebut akan berkeliling di komplek Gelora Bung Karno. Sejumlah pertandingan juga akan direkam dan ditampilkan menggunakan teknologi 5G.

Rudiantara menambahkan, total bandwidth internet untuk asian games.
222Gbp, sementara masing-masing akses point 100Mbps.

BACA JUGA:
Ericsson : Koneksi 5G Diprediksi Mencapai 1,5 Milyar Pada Akhir 2024

Sebagai informasi saat ini, untuk Uji coba 5G di Asian Games hanya Telkomsel. Namun, operator lain pun melakukan uji coba 5G di lokasi lain.

Baru-baru ini seperti XL Axiata yang akan melakukan uji coba 5G di kawasan Kota tua Jakarta Barat. Hal itu disampaikan
Sandiaga Salahuddin Uno (Sandi), Wakil Gubernur DKI Jakarta baru-baru ini,

BACA JUGA:
Ikuti Jejak Australia, Selandia Baru Larang Huawei Bangun Jaringan 5G

diakatakan dia, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan uji coba pemasangan internet dengan kecepatan 5G di kawasan Kota Tua, Menurut dia, Pemprov bekerjasama dengan XL Axiata. Uji coba itu akan dilakukan selama pagelaran Asian Games 2018.

Dijelaskan Sandi, pemasangan nanti akan memanfaatkan tiang-tiang penerangan jalan umum di sekitar Kota Tua, dan menggunakan teknologi Wireless Gigabit (Wigig).