Jakarta, Selular.ID – Hari ini Grab mengumumkan kesepakatan dengan Toyota Motor Corporation (Toyota) dimana Toyota akan menginvestasikan US$1 miliar atau sekitar Rp14 triliun di Grab. Melalui kesepakatan ini, Grab dan Toyota akan mengembangkan kolaborasi mereka terkait mobil terhubung.

Investasi Toyota tersebut merupakan investasi terbesar produsen otomotif dalam sektor ride-hailing secara global, dan membawa Grab semakin dekat mencapai visinya menjadi platform mobilitas terpadu satu pintu (one-stop mobility platform). Grab berencana untuk menciptakan jaringan transportasi yang lebih efisien di kota-kota mega di Asia Tenggara.

Sebagai mobile platform O2O, investasi Toyota ini memungkinkan Grab untuk mengembangkan ragam layanan O2O yang dimilikinya, seperti GrabFood dan GrabPay. Grab kini beroperasi di 217 kota di delapan negara dan menawarkan layanan transportasi yang aman, pengantaran makanan dan paket, pembayaran mobile dan layanan keuangan melalui aplikasi Grab.

BACA JUGA:
Grab Tambah Fitur Baru Di Roadmap Teknologi Keselamatan

Ming Maa, President of Grab, mengatakan, investasi Toyota di Grab didasarkan kepercayaan mereka terhadap kepemimpinan Grab dalam mendorong solusi-solusi mobilitas terbaru dan mengembangkan layanan-layanan O2O mobile, seperti GrabFood dan GrabPay.

“Grab merupakan startup Asia teknologi pertama yang telah mencapai estimasi pendapatan yang dapat diraih pada masa datang (run rate revenues) yang melebihi US$1 miliar dengan basis pengguna yang telah mengunduh aplikasi Grab mencapai lebih dari 100 juta. Kami bangga didukung oleh para pemimpin industri seperti Toyota, Uber, Didi dan Softbank.”

BACA JUGA:
Cabut Suspend Driver, Ini Syarat dari Grab

Shigeki Tomoyama, Toyota Executive Vice President and President of Toyota’s in-house Connected Car Company, mengatakan, “Kami telah memperkuat kolaborasi guna memanfaatkan teknologi terhubung yang dimiliki Toyota dengan Grab. Kedepannya, bersama Grab, kami akan mengembangkan sejumlah layanan yang lebih menarik, aman dan terjamin bagi seluruh pengguna kami di Asia Tenggara.”

Grab akan bekerja sama dengan Toyota untuk mengembangkan layanan mobil terhubung dalam Toyota Mobility Service Platform (MSPF) yang dapat memperkaya pengalaman mitra pengemudi Grab. Grab dan Toyota akan meluncurkan layanan mobil terhubung, seperti asuransi berbasis telematika, yang akan mengurangi biaya premi asuransi demi keselamatan mitra pengemudi Grab yang lebih baik.

BACA JUGA:
Grab Indonesia Resmikan 'Tempat Nongkrong' Driver di Wilayah Selatan

Baca juga: Masuk ke Ranah Mobil Terkoneksi, Microsoft Gandeng Toyota

Untuk meningkatkan kolaborasi strategis dengan Grab, salah satu eksekutif Toyota akan ditunjuk sebagai jajaran direksi Grab dan anggota tim khusus Toyota akan mendukung Grab sebagai executive officer.