Kirin 1020

Jakarta, Selular.ID – Tak hanya memproduksi smartphone, Huawei juga memproduksi chipset sendiri dengan nama Kirin. Produksi chipset internal akan membantu menurunkan biaya perangkat seperti dikabarkan GSMArena. Ini juga merupakan strategi Huawei untuk bersaing dengan Qualcomm dalam ranah chipset dan komponen hardware smartphone.

Baca juga: Huawei Hadirkan Chipset Kirin 970 Dengan Teknologi Al pertamanya

Sejauh ini, sudah banyak lini chipset Kirin yang diciptakan Huawei. Dengan chipset HiSilicon 970, Huawei ingin menunjukan bahwa chipset besutannya tak kalah dengan Qualcomm Snapdragon. Namun, dari segi performa Kirin 970 tidak setara dengan Snapdragon 845 dan belum bisa mengunggulinya.

BACA JUGA:
5 Kelebihan Vendor Cina Daripada Samsung

Meskipun Kirin 970 merupakan chipset pertama yang mengadopsi teknologi AI pertama di dunia, namun masih saja terdapat kekurangan. dalam hal performa mentah, meskipun membawa chip AI pertama di dunia. Chipset terbarunya, Kirin 980 sudah berhasil mengungguli chipset unggulan Qualcomm berkat proses pembuatan 7nm lanjutan dari TSMC. Huawei juga belum mengumumkan peluncuran Kirin 980. Kemungkinan Kirin 980 akan digunakan pada ponsel Huawei yakni Mate 20.

BACA JUGA:
Huawei Tawarkan Layanan Sterilisasi Smartphone

Baca juga: Chip Huawei Kirin 970, Mampu Unduh 1.2 Gbps

Huawei juga berencana memproduksi chipset terbarunya yaitu Kirin 1020. Kinerjanya, diklaim dua kali lipat lebih baik dibandingkan Kirin 970.

Baca juga: Tantang Snapdragon 710, Huawei Siapkan Kirin 710

Belum ada informasi apakah Kirin 1020 selesai diproduksi dan smartphone Huawei manakah yang mendapatkan jatah pertama kali chipset ini. Sumber lain menyebutkan bahwa chipset Kirin 1020 akan diluncurkan setelah jaringan 5G diresmikan.