Jakarta, Selular.ID – Setelah baru-baru ini Snapdragon 710 hadir ke pasar smartphone, laporan terbaru menyebutkan Huawei tengah mengerjakan sang penantangnya yang diduga akan diberi nama Kirin 710.

Chipset Snapdragon 710 yang baru diumumkan dikatakan ditujukan guna menutup kesenjangan kinerja yang terlihat antara smartphone flagship dengan jajaran menengah. Chip tersebut dibangun menggunakan proses 10nm yang memungkinkan peningkatan kinerja besar tanpa konsumsi energi ekstra yang bisa mempengaruhi daya tahan baterai.

BACA JUGA:
Catatan Akhir 2018 : Huawei yang Semakin Berotot

Dilansir Selular.ID dari Digitimes (11/6/2018), chip terbaru Huawei sepertinya memiliki tujuan yang sama tetapi dibangun menggunakan teknologi yang lebih tua.

Seperti Kirin 710 tampaknya hanya peningkatan dari Kirin 659, menggunakan proses pembuatan 12nm TSMC yang lebih lawas. Kendati demikian, prosesor neural processing unit (NPU) akan hadir guna mendukung kemampuan AI.

BACA JUGA:
Huawei: Pre-Order untuk Mate 20 Pro Sold Out

Pada saat ini, Huawei dan anak perusahaannya HiSilicon belum mengkonfirmasi keberadaan chip tersebut, tetapi laporan tersebut mengarah pada peluncuran bulan depan, dengan pengumuman kemungkinan bertepatan dengan Huawei Nova 3.

Jika benar, smartphone bisa menjadi pesaing langsung Xiaomi Mi 8 SE yang baru-baru ini diumumkan menggunakan Snapdragon 710.

Baca juga: Dipersenjatai Prosesor Kirin 970, Huawei Mate 10 Siap Mengguncang Pasar

BACA JUGA:
Global Conectivity Index 2018 : Peringkat Indonesia Semakin Tercecer

Calon pesaing lain untuk chip Kirin 710 adalah Huawei Mate 20 Lite. Mengingat nama unggulan yang melekat pada smartphone, perusahaan Cina mempunyai opsi untuk menggunakan prosesor baru tahun ini, tidak seperti Mate 10 Lite yang memanfaatkan prosesor yang lebih lambat Kirin 659.