Friday, October 23, 2020
Home News Telco Mudik Lebaran 2018 : Ajang Unjuk Kekuatan Mobile BTS Telkomsel dan XL...

Mudik Lebaran 2018 : Ajang Unjuk Kekuatan Mobile BTS Telkomsel dan XL Axiata

-

Jakarta, Selular.ID – Seperti halnya Natal dan Tahun Baru, Idul Fitri selalu menjadi momen spesial bagi operator. Lonjakan trafik komunikasi yang terjadi selama masa lebaran, menjadi berkah tersendiri karena tingginya revenue yang didapat.

Namun untuk memperoleh revenue yang maksimal, operator wajib menjaga kualitas dan performansi jaringan. Pasalnya, di masa-masa ini pengalaman pelanggan sangat menentukan. Mereka tak ingin akses komunikasi terputus, apalagi saat mengakses layanan data yang umumnya sudah menjadi kebutuhan utama pelanggan.

Alhasil, untuk mengejar kualitas layanan, operator pun terus berpacu membangun BTS, khususnya 4G untuk mengantisipasi lonjakan layanan data.

Telkomsel misalnya, demi mensukseskan program mudik lebaran 2018, telah membangun tak kurang dari 12.000 BTS baru. BTS baru itu tersebar di berbagai band frekwensi yang dimiliki Telkomsel, termasuk 2.300 Mhz yang baru dimiliki pada akhir tahun lalu.

“Kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel dalam menghadirkan layanan bagi para pelanggan, terutama pada periode mudik Lebaran yang menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia”, ungkap Ririek Adriansyah, Dirut Telkomsel.

Untuk itu, tambah Ririek, sejak jauh hari pihaknya memastikan seluruh layanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan.

Pada momen lebaran tahun ini, Telkomsel memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 40% dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 137% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Antisipasi Mudik Lebaran, Telkomsel Debutkan Frekwensi 2.300 Mhz

Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena perilaku komunikasi pemudik maupun wisatawan di Indonesia kini didominasi penggunaan layanan data.

Kondisi yang sama juga menjadi perhatian XL Axiata. Operator yang identik dengan warna biru itu sudah menambah sekitar 8.500 BTS baru yang tersebar di jalur mudik, tujuan mudik, dan berbagai tempat wisata yang ramai dikunjungi saat lebaran.

Menurut Direktur Teknologi XL Axiata Yessy D. Yosetya, pembangunan jaringan yang saat ini telah menjangkau 93% populasi akan membuat aktifitas digital pelanggan menuju kota-kota tujuan mudik menjadi lebih baik.

“Saat ini jaringan 4G XL telah menjangkau 406 kota kabupaten dan 4.266 kota kecamatan. XL juga fokus meningkatkan kapasitas dan kualitas di lokasi tujuan mudik dan wilayah yang menjadi mobilitas pemudik. Secara umum kami memprediksi peningkatan trafik hingga 30%, khususnya pada layanan data”, ungkap Yessy.

Selain pembangunan BTS baru, demi menambah coverage, baik Telkomsel maupun XL Axiata juga melibatkan sejumlah armada BTS mobile yang ditempatkan di berbagai wilayah strategis, seperti masing rest area dan public utilities, rute mudik, dan daerah wisata.

Jika pada 2017, jumlah BTS mobile yang dioperasikan XL Axiata sebanyak 29 unit, maka pada musim mudik tahun ini meningkat dua kali lipat menjadi 49 unit.

Baca juga: Antisipasi Mudik Lebaran, XL Lipat Gandakan Jumlah BTS Mobile

Sedangkan BTS mobile yang dioperasikan Telkomsel, tahun ini berjumlah 73 unit. Penggunaan BTS mobile oleh Telkomsel yang kerap juga disebut sebagai Combat itu, terlihat menurun jika dibandingkan periode mudik lebaran tahun lalu yang mencapai 89 unit.

Namun penurunan tersebut lebih disebabkan karena wilayah-wilayah strategis yang sebelumnya ditempatkan mobile BTS, telah dibangun BTS fisik.

Latest