Tuesday, August 20, 2019
Home Selular Congress Ini 4 Manfaat Penerapan Jaringan 5G

Ini 4 Manfaat Penerapan Jaringan 5G

-

Jakarta, Selular.ID – Bertajuk Creating New Business Moodel With 5G, sesi pertama Selular Congress 2018 membahas peran serta, kesiapan serta manfaat dari jaringan 5G dari para provider dan perusahaan teknologi.

Perwakilan dari provider dan perusahaan teknologi menjadi pembicara pada sesi ini. Adapun pembicara tersebut meliputi Yessie D Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata ; Indra Mardiatna, VP Technology & System Telkomsel ; Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia serta Arri Marsenaldi, Deputy Director ICT Strategy & Marketing Huawei Indonesia.

Jaringan telekomunikasi terus berkembang hingga saat ini sesuai dengan perkembangan teknologi. Diawali dari 2G, 3G, 4G hingga 5G. Teknologi 2G sendiri diadaptasi sejak akhir tahun 90 an. Terus berlanjut hingga jaringan 4G sampai saat ini. Bahkan jaringan 5G akan segera dirampungkan pada tahun 2020 mendatang.

Dibandingkan jaringan 4G, 5G memiliki keunggulan dari segi teknologi. Benefit yang dihasilkan 5G pun lebih banyak dari sisi provider itu sendiri, pemerintah, para mitra dan para penggunanya. XL dan Telkomsel memaparkan manfaat dari penerapan teknologi 5G. Berikut ulasannnya.

1. Koneksi Cepat

“Jaringan 5G jelas memberikan koneksi internet yang lebih cepat dibandingkan 4G LTE. Kami sudah menguji coba jaringan 5G di tahun 2017 lalu, dan hasilnya terbukti cukup cepat,” ujar Indra Mardiatna, VP Technology & System Telkomsel pada sesi pertama Selular Congress di Le Meridien Hotel, Sudirman, Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Indra Mardiatna, VP Technology & System Telkomsel (Donnie Pratama Putra)

2. Efisiensi biaya

“Dari segi biaya, 5G lebih efisien. Baik untuk provider itu sendiri maupun dari pengguna,” tutur Yessie D Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata.

Yessie D Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata (Donnie Pratama Putra/Selular.id)

Hal senada juga dibenarkan oleh Indra Mardiatna, VP Technology & System Telkomsel

“4G sudah efisien, namun 5G lebih efisien lagi,” ucap Indra.

3. Hemat daya

“Dari konsumsi daya baterai, 5G lebih hemat. 5G hanya mengkonsumsi sedikit daya baterai dibandingkan 4G,” ucap Indra.

4. Pendapatan lebih tinggi

Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia menerima piagam dari Indra Khairuddin, Editor Selular (Donnie Pratama Putra/Selular.id)

“Diperkirakan, 5G akan terus berkembang dengan pendapatan USD 12 Triliun di tahun 2035 mendatang untuk provider,” tutup Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia.

Latest