Saturday, April 20, 2019
Home Selular Congress Raih 3,2 Juta Pelanggan, Indihome Diganjar “The Best Home Internet”

Raih 3,2 Juta Pelanggan, Indihome Diganjar “The Best Home Internet”

-

Jakarta, Selular.ID – Seiring dengan tingginya animo pengguna internet, khususnya untuk kawasan residensial, perkantoran dan public area, prospek bisnis fiber to the home (FTTH) atau home internet di Indonesia semakin bergairah. Dari hitung-hitungan bisnis, peluang pertumbuhan layanan fixed broadband itu di Indonesia masih besar.

Bila dilihat ada 60 juta jumlah rumah tangga di Indonesia, tingkat penetrasi layanan ini baru mencapai 5% atau tingkat penetrasi sebesar 13% dari jumlah rumah tangga yang di dalamnya terdapat pengguna internet.

Teknologi FTTH diperkirakan akan menjadi kunci sukses dalam bisnis fixed broadband, paling tidak untuk 5-10 tahun yang akan datang. Bahkan teknologi FTTH dinilai lebih menentukan dibandingkan teknologi mobile broadband 4G, utamanya menyangkut kecepatan dan kestabilan layanan internet.

Alhasil, sejumlah pemain terus mengembangkan pasar secara agresif, seperti MyRepublic (Sinar Mas Group), First Media (Lippo Group), MNC Play (MNC Group), GIG (Indosat M2), CBN dan BizNet (PT Supra Primatama Nusantara).

Manisnya potensi bisnis home internet juga mengundang XL Axiata. Sebagaimana diketahui, operator selular yang dimiliki Axiata Group itu, telah menyatakan diri untuk terjun ke bisnis home internet yang dijadwalkan hadir pada kuartal kedua tahun ini.

Tak tanggung-tanggung, dalam beberapa tahun ke depan perusahaan siap mengalokasikan investasi sekitar USD500 juta atau setara dengan Rp 6,8 triliun. Tentu saja, masuknya XL semakin menambah ramai pemain di layanan triple play di Indonesia.

XL dan para pemain lain yang sudah nongol duluan, tentu tak ingin kue bisnis fixed broadband itu hanya dinikmati oleh IndiHome, layanan FTTH milik Telkom, yang telah hadir sejak lama lewat brand sebelumnya, Speedy.

Meski pun dikepung banyak kompetitor, popularitas IndiHome tak menyurut. Malahan dari tahun ke tahun, jumlah pelanggan IndiHome terus meningkat signifikan.

Saat ini, jumlah pelanggannya sudah mencapai 3,2 juta, dari 2,9 juta pada akhir 2017. Memang sepanjang 2017, jumlah pelanggan IndiHome meningkat drastis, dari 1,3 juta pelanggan pada 2016 menjadi 2,9 juta pada Desember 2017.

Dengan prospek pasar yang cerah, Telkom pun menargetkan meraih 4 juta pelanggan IndiHome pada akhir 2018, sekaligus meningkatkan penguasaan pangsa pasar 50% hingga 60%.

Sebagai pemain nasional, sebaran jumlah pelanggan IndiHome sudah mencakup 160 kota di seluruh wilayah Indonesia. Meski demikian, jumlah pelanggan terbanyak masih didominasi di wilayah pulau Jawa. Untuk dapat meningkatkan jumlah pelanggan, ke depan Telkom berencana akan terus ekspansi ke seluruh kota di Indonesia.

Upaya tersebut dibarengi dengan mempercepat koneksi serat optik masuk ke rumah-rumah, mendorong migrasi pelanggan menggunakan serat optik, dan memperkaya platform baik yang linear atau hybrid bekerjasama dengan pemain Over The Top (OTT) seperti iFlix, Catchplay, dan Viu.

Dengan jumlah pelanggan yang terus melonjak, sebaran layanan yang meluas ke seluruh Indonesia, serta kualitas yang terus ditingkatkan, wajar jika dalam ajang Selular Award 2018 digelar oleh Selular Network di Jakarta (3/5/2018), IndiHome meraih penghargaan “The Best Home Internet”.

Selamat untuk IndiHome dan Telkom! Teruslah berkarya untuk kemajuan Indonesia.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest