Jakarta, Selular.ID – Facebook bertekad untuk menunjukkan bahwa mereka serius dalam hal memerangi berita hoax dan berbagai bentuk informasi yang salah lainnya. Perusahaan telah mengambil langkah yang tidak biasa untuk sampai kesana.

Facebook membuat film pendek berdurasi 11 menit yang berjudul Facing Facts atau Menghadapi Fakta. Film tersebut menjelaskan pemikiran masa lalu dan masa sekarang jaringan sosial tentang campur tangannya dalam News feed atau kabar berita.

BACA JUGA:
Facebook Gratiskan Upload Foto HD?

Perusahaan asal Silicon Valley ini memiliki tantangan untuk menjaga netralitas. Berbagai metode dilakukan Facebook untuk menanggapinya seperti menggunakan pembelajaran mesin untuk memeriksa konten yang menipu.

Film tersebut juga menunjukkan kesulitan yang dihadapi Facebook, seperti volume postingan yang sangat banyak dari lebih dua miliar pengguna. Perusahaan mengatakan, tidak mungkin untuk meninjau semua postingan itu dengan tangan. Facebook percaya bahwa komunitas sering kali menjadi cara terbaik untuk memoles setiap konten.

BACA JUGA:
Ada Bug di Facebook Messenger yang Bisa Intai Percakapan Penggunanya

Seperti dilansir Selular.ID dari Engadget, Kamis (24/05), Facebook juga telah memperluas upaya untuk mendidik pengguna tentang bagaimana caranya mencari berita hoax, baik dari bagian atas News feed atau iklan.

Upaya ini akan dimulai dari AS dan akan terus menyebar ke negara-negara lain sepanjang 2018. Ini juga akan memperluas komisi akademisnya untuk meminta proposal untuk mempelajari tingkat dan efek informasi yang salah di Facebook.

BACA JUGA:
Facebook Uji Coba Tampilan Antarmuka Barunya

Baca: Incar Pebisnis, Status di Facebook Nantinya Dapat Dibagikan ke WhatsApp

Film tersebut bisa dibilang jujur dan mengakui bahwa Facebook telah merusak pendekatannya terhadap berita hoax di masa lalu, ke titik dimana politisi menyerukan peraturan. Dan film itu benar-benar memberikan informasi jika Anda tidak akrab dengan liku-liku dari permasalahan informasi yang salah di Facebook.