Tuesday, May 21, 2019
Home News Ditanya Soal Lanjutan Proses Audit, Facebook Berkelit

Ditanya Soal Lanjutan Proses Audit, Facebook Berkelit

-

Jakarta, Selular.ID – Hingga saat ini, kasus kebobolan data di Facebook yang dilakukan oleh Cambridge Analytica belum terselesaikan. Proses penyelesaian kasus ini sedang dilakukan oleh Facebook sendiri baik Facebook Global maupun Facebook Indonesia bersama pemerintah Indonesia melaui Kominfo dan Kepolisian RI. Pekan lalu, Facebook Global menggelar pertemuan dengan Kominfo membahas seputar pembobolan data tersebut.

Dalam pertemuannya, Facebook Global mengatakan sedang melakukan proses audit tentang kasus tersebut. Dikatakan Facebook, mereka sedang menunggu otoritas Inggris. Karena mereka tidak bekerja sendiri.

Facebook juga tengah memastikan apakah Cambridge Analityca satu-satunya penyebab pencurian data penggunanya atau ada platform lain. Kominfo juga tengah bersikap tegas kepada Facebook global dengan memberi jangka waktu 3 bulan. Karena ini menyangkut masalah keamanan data orang banyak. Jika dalam 3 bulan proses audit tersebut tidak diselesaikan, maka Kominfo akan memberikan sanksi kepada Facebook yakni di-suspend sementara waktu.

Dalam acara Facebook Indonesia Press Circle yang digelar di kantor Facebook Indonesia, Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (18/5/2018), SelularID menanyakan kelanjutan proses audit tersebut kepada Facebook Indonesia. Kami menanyakan kepada sejumlah petinggi Facebook Indonesia yang hadir dalam acara ini. Ruben Hattari selaku Public Policy Lead Facebook Indonesia salah satunya.

Namun, Ruben Hattari enggan memberikan informasi mengenai kelanjutan data tersebut. Aldo Rambie, Head of Client Solution Facebook Indonesia hanya mengungkapkan bahwa Facebook tidak menjual data penggunanya kepada pihak ketiga.

Pihak Facebook mengatakan bahwa sudah ada pertemuan terbaru antara mereka dengan Cambridge Analytica. Namun, Facebook lagi-lagi bungkam soal hasil pertemuan tersebut.

Baca juga: Marak Terorisme, Kapolri Kecewa dengan Facebook CS

Yang jelas hingga saat ini masih dilakukan proses audit tersebut. Sampai kapan proses audit ini selesai ? Hingga 3 bulan mendatang atau Facebook menunggu dibekukan Kominfo ?

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest