Tuesday, August 20, 2019
Home News Telco BRTI: 254 Juta Pelanggan Angka yang Paling Realistis

BRTI: 254 Juta Pelanggan Angka yang Paling Realistis

-

Jakarta, Selular.ID – Berdasarkan data hasil rekonsiliasi registrasi kartu SIM prabayar hingga 30 April 2018 lalu, tercatat ada 254.792.159 nomor pelanggan yang telah teregistrasi.

Rekonsiliasi dilakukan dengan menghitung data hits pada sistem data kependudukan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri dan data registrasi nomor pelanggan pada masing-masing operator.

Agung Harsoyo, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengatakan bahwa, angka tersebut merupakan angka yang paling realistis yang mencerminkan jumlah pengguna nomor selular di Indonesia.

“Selama ini kan referensi jumlah pelanggan selular tidak jelas, ada yang bilag 300 jutaan atau 400 jutaan. Data hasil registrasi yang sekarang lebih bisa dijadikan acuan mengenai jumlah pelanggan selular di Indonesia,” jelasnya.

Menurut Agung, pelanggan prabayar tidak akan beranjak jauh dari angka  254 juta meskipun proses registrasi pelanggan baru masih akan berlanjut.

Baca juga: Masa Registrasi Prabayar Berakhir, Ini jumlah Pelanggan Prabayar Operator

“Yang kemarin dilakukan itu registrasi ulang, registrasi pelanggan baru dan pembersihan nomor-nomor yang dianggap tidak wajar. jadi untuk registrasi baru akan terus jalan, tapi angkanya tidak akan jauh,” imbuh Agung.

BRTI bersama Dukcapil dikatakan Agung akan terus melakukan penyisiran pelanggan prabayar yang dirasa aneh. Misalnya, registasi di atas 10 nomer dengan satu NIK, usia yang dianggap wajar melakukan registasi prabayar dan pemilik nomor prabayar yang pekerjaannya dirasa tak wajar tetapi memiliki banyak nomor selular.

“Jika ada loncatan-loncatan jumlah pelanggan prabayar, akan langsung ketahuan dan diselidiki,” pungkasnya.

Latest