Jakarta, Selular.ID – Hari yang ditunggu-tunggu telah tiba. OPPO resmi mengeluarkan F7 di Indonesia. Smartphone dengan kamera depan 25MP yang sudah disuntikkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Sebagai awalan, di Indonesia, OPPO F7 tampil dalam satu pilihan warna, Solar Red atau merah. Namun unit yang kami pegang adalah warna Moonlight Silver. Smartphone akan hadir dalam dua konfigurasi, yakni RAM 4GB/64GB ROM dan 6GB/128GB.

Mulai hari ini (17/4/2018) OPPO F7 sudah tersedia untuk dibeli dengan harga Rp4.199.000 (4/64) di 300 jaringan toko terpilih dan e-commerce terkemuka di Indonesia.

Kian fokus di segmen selfie, smartphone penerus F5 itu membawa sejumlah peningkatan dari model tahun lalu. Apa saja? Berikut ulasan Selular.ID.

Spesifikasi OPPO F7

Harga Rp4.199.000 (4/64)
Warna Sunrise Red dan Moonlight Silver
Sistem Operasi ColorOS 5.0, berbasis Android 8.1 Oreo
Prosesor Delapan Inti 64- Bit
GPU ARM Mali-G72 MP3 800MHz
RAM 4 GB
Penyimpanan 64 GB (Mendukung perluasan microSD card hingga 256 GB)
Baterai 3400mAh
Tampilan
Ukuran Layar 6.23 inci, Aspek rasio 19:9
Resolusi 2280 x 1080
Warna 16 Juta Warna
Kamera
Tipe Sensor CMOS
Sensor Kamera Depan 25MP Sensor HDR Sony IMX 576
Diafragma Kamera Depan 2.0
Sensor Kamera Belakang 16MP sensor HDR
Diafragma Kamera Belakang 1.8
Mode Video 1080P, 720P
Jaringan
Tipe SIM Card Dua buah MicroSIM 4G VoLTE
NFC Tidak tersedia
OTG Mendukung
Sensor Light Sensor, G-sensor, Acceleration sensor, Magnetic induction, Proximity Sensor

1Desain

Sebagai smartphone premium, desain OPPO F7 terlihat elegan. Material yang digunakan adalah plastik dengan lapisan glossy sehingga berkilau layaknya cermin. Hanya saja, lapisan itu sangat rentan ternoda sidik jari.

Detail finishing pada perangkat F7 membuat sebuah standar baru dalam industri smartphone. Konsumen hanya ditawarkan satu warna, Solar Red. Tapi unit yang kami pegang adalah warna Moonlight Silver.

Warna Solar Red memiliki finishing body seperti kaca dan berkilau seperti berlian, menghadirkan refleksi warna yang berbeda, tergantung dari sudut penglihatannya.

Bobotnya cukup ringan (158 gram) dengan dimensi kompak 156×75,3×7,8 mm, sehingga OPPO F7 bisa dipegang berlama-lama tanpa terasa pegal.

Kamera utama dan sensor sidik jari terletak di belakang dengan port MicroUSB dan jack headphone 3.5mm di bagian bawah.

2Super Full Screen 2.0

Mengikuti tren, OPPO F7 mengusung desain layar kekinian dengan notch (poni). Dengan rasio aspek 19:9, OPPO F7 memungkinkan aplikasi yang kompatibel berjalan dalam layar penuh.

BACA JUGA:  Dolar Naik, Konsumen Enggan Beli Smartphone?

Dengan layar 6,23 inci, OPPO F7 sangat cocok untuk bermain game dan menonton video. Bermain game di OPPO F7 terasa lebih nyaman. Pasalnya, smartphone memiliki opsi untuk menonaktifkan notifikasi saat bermain game dan memiliki sesuatu yang disebut ‘Game Acceleration’ yang mengoptimalkan fungsi sistem untuk mengaktifkan gameplay yang lebih baik.

Dibekali layar resolusi FHD+ Super Full Screen, F7 memiliki 89.09% screen to body ratio. Resolusi 2280×1080 yang menjadi salah satu resolusi layar tertinggi di pasar smartphone kelas menengah atas.

OPPO F7 dikemas dalam sebuah perangkat unibody yang lebih ramping, jika dibandingkan dengan perangkat standar yang mengusung layar 5.5 inci yang beredar di pasar.

Layar besar yang kaya warna akan memberikan pengalaman terbaik untuk bermain games dan juga membaca konten online, tentunya dengan ukuran yang sesuai dengan gengaman tangan.

Fitur App-in-App mengizinkan pengguna untuk mengangkat panggilan sekaligus meneruskan permainan yang sedang berjalan.

Full Screen Multitasking akan membuat pengguna lebih mudah untuk berpindah antar aplikasi dengan menggunakan gesture.

3Kinerja Powerfull

OPPO F7 memiliki RAM 4GB dan penyimpanan 64GB dan dibekali sistem operasi terbaru, ColorOS 5.0, dengan basis Android 8.1 Oreo. Penampilan visual yang diperbaharui dengan susunan dan icon yang tampil berbeda dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya. Semakin gegas dan cepat dengan memanfaatkan pengaturan teknologi AI.

Smartphone OPPO F7 ditopang chipset MediaTek Helio P60 menggunakan prosesor 8 inti 64 Bit, yang terdiri dari dua set quad-core dalam satu paket, ARM Cortex A73s yang berkinerja tinggi dan Cortex-A53 yang lebih efisien.

Chipset sudah menunjang pemrosesan AI untuk membantu teknologi pengenalan wajah dan HDR secara real-time.

OPPO F7 memiliki RAM 4GB dan penyimpanan 64GB yang bisa diperluas melalui kartu MicroSD.

Vendor telah membekali F7 dengan AI Facial Recognition Unlock akan membuka perangkat lebih cepat, 0.08 detik, perangkat F7 akan segera mengenali pengguna segera setelah layar menyala.

Dengan fitur Safe Box mengizinkan pengguna untuk menyembunyikan dan melindungi aplikasi, foto dan dokumen.

Screen Capture juga dapat merekam permainan yang berjalan dengan sekali tap dan membuat pengguna dapat membagikannya dengan orang lain.

Triple Memory Slot yang dapat memuat 2 nano SIM card dan microSD yang didukung hingga 256GB. Dan sudah Dual 4G VoLTE slot yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan dua 4G SIM card secara bersamaan. Saat salah satu SIM Card digunakan untuk bertelefon, SIM Card lain dapat digunakan berbarengan untuk data internet.

BACA JUGA:  Menclok di TENAA, Ini Ponsel Misterius Oppo

4Benchmark OPPO F7

Pada pengujian Selular, menggunakan AnTuTu Benchmark v7.07, Vivo V9 mendapat skor 139.490. Sementara itu, dengan pengukur Geekbench Benchmark 4.2.0, skor yang didapat adalah 1522 (single core) dan 5831 (multi core).

5Security

OPPO F7 menyediakan fitur keamanan Face Unlock dan sensor sidik jari untuk membuka kunci cepat. Fitur Face Unlock hanya berfungsi untuk membuka kunci layar sedangkan sidik jari bisa digunakan untuk mengamankan aplikasi dan mengalokasikan penyimpanan internal.

Selain dua fitur keamanan di atas, pengguna juga memiliki opsi standar seperti PIN, kata sandi, dan Pola.

Oppo F7 memiliki fitur sendiri yang disebut ‘Kids Space’, yang memungkinkan Anda menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda inginkan diakses oleh anak-anak. Serta, smartphone bahkan memiliki aplikasi stok sendiri seperti toko aplikasi dan file manager sendiri.

6Artificial Intelligence

OPPO semakin membuktikan dirinya sebagai produsen smartphone yang mengutamakan keunggulan kamera depan semenjak mengusung jargon Selfie Expert & Leader di Tahun 2018. Akhir tahun yang lalu, OPPO mulai memfokuskan diri untuk memperkenalkan perangkat selfie yang ditenagai oleh Artificial Intelligence (AI) melalui perangkat F5.

Teknologi AI bisa mempelajari dan mengenali perbedaan dari warna kulit, jenis kulit, usia dan jenis kelamin subjek foto dan membuat penyesuaian terhadap fitur percantik wajah kepada tiap-tiap personal subjek foto. Foto yang dihasilkan akan nampak lebih nyata dan lebih natural.

Saat ini, OPPO kembali membawa teknologi A.I pada perangkat smartphone ke tingkat berikutnya. Pada perangkat F7, AI tidak hanya sebatas dapat menghasilkan foto selfie yang lebih nyata dan natural, namun OPPO juga memanfaatkan kekuatan AI untuk mengatur fungsi manajemen sistem smartphone dan juga manajemen daya.

7AI Untuk Fotografi

Kamera utama 25 Megapixel dengan fungsi High Dynamic Range (HDR) real-time dipersiapkan secara khusus. Selfie pada kondisi dengan tingkat pencahayaan tinggi seperti ketika diambil di bawah sinar matahari atau pada kondisi dengan cahaya yang kuat di belakang subjek foto tetap dapat menghasilkan gambar yang lebih detail, kontras yang baik dan lebih kaya warna.

BACA JUGA:  Hyper Boost Bakal Hadir di Oppo R17 dan R17 Pro

Peningkatan kecerdasan buatan, AI Beauty 2.0, dapat mengenali lebih presisi ciri khas dari wajah subjek foto dan melakukan percantik wajah secara terpisah, memberikan aplikasi yang berbeda antara pria dan wanita walaupun dalam sebuah foto group selfie

Titik pemindaian wajah meningkat menjadi 296 titik pengenalan yang dihubungkan dengan referensi database foto portrait dan referensi make up dari para profesional make up artist. A.I akan mempelajari setiap bagian unik dari wajah baik secara struktur dan bentuk. Membuat hasil foto menjadi terlihat sangat natural walaupun mengunakan efek peningkatan beautify.

Kecerdasan buatan akan mempelajari kebiasaan pengguna dalam melakukan penyesuaian seperti pada fitur beautify , A.I secara otomatis akan mengaplikasikan penyesuaian yang sama pada proses pengambilan foto berikutnya.

8Fitur Baru

Cover Shot Feature: pengguna dapat bermain dengan saturasi warna saat sedang berfoto selfie, meningkatkan kontras warna antara pakaian yang digunakan dengan latar belakang foto. Selfie dapat disesuaikan sehingga menghasilkan gambar seperti layaknya pemotretan sebuah cover majalah.

AR (Augmented Reality) Stickers: pengguna dapat membuat selfie lebih menyenangkan dengan hadirnya stiker-stiker menarik yang dapat diaplikasikan secara langsung dan kemudian dibagikan ke media sosial.

9AI Bukan Hanya Untuk Selfie

OPPO memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dalam pengenalan gambar melalui A.I Album yang secara otomatis akan mengelompokan foto berdasarkan wajah, nama, tempat pengambilan foto bahkan event khusus dalam foto.

Foto semakin mudah dicari dengan memanfaatkan banyak opsi pencarian berdasarkan waktu, tempat, orang dan scenes.

Fitur Memories akan membantu pengguna untuk mengingat kembali moment khusus yang telah diabadikan, misalkan ulang tahun, piknik, perjalanan ke tempat wisata.

Fitur AI Board merupakan sebuah fitur split screen yang membuat pengguna dapat menempatkan pintasan aplikasi favoritnya sekaligus cecara cerdas fitur ini juga akan mengupulkan jadwal meeting terpenting, jadwal perjalanan, tiket film yang sudah dipesan dan status pesanan e-commerce dengan mengenalinya melalui email dan juga SMS.

A.I Battery Management dapat membuat perangkat dapat mengatur manajemen system secara mandiri termasuk pendistribusian sumber daya sehingga smartphone akan memberikan performa terbaiknya saat dibutuhkan. Dengan fitur ini, OPPO F7 berjalan 80% lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya. AI Battery Management juga memberikan pengaturan daya yang membuat baterai perangkat akan bertahan lebih lama.