Thursday, September 19, 2019
Home Buyer's Guide Membandingkan Huawei Nova 2i dengan Oppo F5 dan Vivo V7

Membandingkan Huawei Nova 2i dengan Oppo F5 dan Vivo V7

-

Jakarta, Selular.ID – Huawei Nova 2i masuk secara resmi pada awal November 2017. Smartphone yang menargetkan segmen menengah ini, hadir dengan empat kamera dan layar langsing beraspek rasio 18:9.

Dengan demikian, ukuran keseluruhannya terasa nyaman digenggam. Aspek rasio ini diterapkan banyak smarthone yang keluar di tahun 2018.

Namun, kelas menengah ini tidak hanya diisi oleh Huawei Nova 2i saja. Ada banyak brand yang menawarkan berbagai kemampuan kepada konsumennya.

Pasar smartphone Indonesia memang cukup menarik bagi berbagai brand smartphone dunia. Beberapa pesaing Huawei Nova 2i yang layak diperhitungkan adalah Oppo F5 and Vivo V7+.

Kedua smartphone ini juga diluncurkan tidak jauh dari peluncuran Huawei Nova 2i. Lalu, bagaimana ketiga smartphone bersaing dengan fitur-fitur yang ditawarkannya?

DESAIN

Huawei Nova 2i dihadirkan dengan desain yang ringan serta memiliki material metal di seluruh bodi. Dengan begitu, smartphone tampak lebih elegan dan modern, dibandingkan jika menggunakan bahan plastik.

DISPLAY

Memiliki layar berukuran 5,9 inci, Huawei Nova 2i juga sudah mendukung aspek rasio 18:9. Dengan begitu, tampilannya tampak begitu langsing. Selain itu, Huawei Nova 2i juga memiliki screen to body ratio sebesar 83 persen yang membuat tampilan smartphone tidak terlalu banyak ruang di sekeliling layar.

STORAGE

Dari sisi storage, Huawei Nova A2i sudah menggunakan storage internal 64 GB dan memori 4 GB. Hal yang sama juga dimiliki Vivo V7+. Sementara Oppo F5 memiliki storage internal 32 GB dengan RAM 4 GB dan juga lot MicroSD.

PLATFORM

Untuk urusan dapur pacu, Huawei Nova 2i sudah menggunakan CPU Huawei yakni HiSilikon Kirin 659 Octacore 4x 2,36 GHz + 4x 1,7 GHz (Cortex A53). Sementara Oppo F5 menyematkan CPU mediaTek MT6763T Helio P23 OctaCore 2,5 GHz (Cortex A53) dan Vivo V7+ dengan Snapdragon 450 Octacore 1,8 GHz (Cortex A53).

BENCHMARK

Dari hasil pengukuran benchmark menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, hasilnya Huawei Nova 2i dengan HiSilikon Kirin 659 Octacore 4x 2,36 GHz + 4x 1,7 GHz (Cortex A53) nya mampu mengalahkan dua smartphone pesaingnya Oppo F5 dan Vivo V7+.

KEAMANAN

Dari sisi keamanan, ada banyak fitur yang disematkan di Huawei Nova 2i. Salah satunya adalah fingerprint. Fungsi fingerprint di Huawei Nova 2i tidak hanya mampu membuka homescreen, tetapi juga mendukung fungsi lainnyaa, seperti untuk mengambil foto, menjawab telpon, menghentikan alarm, menampilkan notififikasi, melihat foto, mengunci aplikasi dan mengamankan file.

PERFORMA

Bagaimana dengan performa Huawei Nova 2i dalam aktivitasnya sehari-hari? Untuk membuktikannya, kami dilakukan pengujian terhadap 10 aplikasi di dalamnya. Setiap aplikasi dibuka satu persatu. Satu aplikasi terbuka, kembali ke home screen, lalu dibuka aplikasi berikutnya, sampai semua aplikasi terbuka. Dari catatan waktu yang dilakukan dalam tiga tahap, Huawei Nova 2i mampu mencatat waktu selaama 1menit 17,03 detik di tahap 1, 1 menit 3,54 detik di tahap 2, dan 1 menit 6,28 detik di tahap 3. Sementara Oppo F5 dan Vivo V7+ melakukannya dengan lebih lambat lagi.

KONSUMSI DAYA

Dengan baterai sebesar 3240 mAh, Huawei Nova 2i mampu melakukan aktivitas apapun setiap hari dengan durasi penggunaaan yang lebih lama. Kapasitas baterai Huawei Nova 2i dibandingkan Oppo F5 dan Vivo V7+ hanya beda tipis. Oppo F5 berkapasitas 3.200 mAh sementara Vivo V7+ berbaterai 3225 mAh. Kami melakukan pengujian untuk konsumsi baterai ini dengan melakukan empat varian tes. Pertama yaitu memainkan musik selama 3 jam penuh. Kemudian, memutar video YouTube selama 2 jam, dilanjutkan dengan memainkan game selama 1 jam, lalu diakhiri dengan menjelajah Internet dalam 1 jam.

DURASI PENGISIAN DAYA

Dengan kapasitas baterai sebesar 2.340 mAh, pengisian daya ke smartphone ini pun cukup cepat. Pengujian pun dilakukan dengan melihat hasil proses charging setelah 5, 30, dan 60 menit

KAMERA BELAKANG

Salah satu fitur yaang diunggulkan Huawei Nova 2i adalah hadirnya 4 kamera, dua di depan dan dua di belakang. Untuk kemampuan kamera belakang yaitu 16 MP + 2 MP untuk menampilkan efek bokeh. Dengan demikian, bokeh didapat berkat adanya hardware yang mendukung, bukan dari software. Nova 2i juga memiliki apperture f/2.0 dan lampu flash single.

KAMERA DEPAN

Kamera Huawei Nova 2i juga berjumlah dua, 16MP + 2MP sama dengan kamera belakang. Ini menjadi keunggulan smartphone Huawei untuk melakukan foto selfie. Kedua lensa akan bekerjsa serentak ketika kita memotret, diaman satu lensa akan bekerja untuk rendering objek yang diambil sementara lensa lainnya bekerja untuk memberika nefek bokeh.

Latest