Wednesday, October 21, 2020
Home News Enterprise PermataBank Layani Nasabah dengan Voice ID

PermataBank Layani Nasabah dengan Voice ID

-


Jakarta, Selular.ID – Usai memperkenalkan Fingerprint dan Face Recognition, kali ini PermataBank menambah teknologi Voice ID sebagai solusi otentikasi nasabah. Menggandeng perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, hari ini Permata Bank resmi menerapkan teknologi pemindai suara pertama di Indonesia, melalui layanan telepon PermataTel (Contact Center Permata Bank).

“Layanan inovatif Voice ID yang mengadopsi teknologi pemindai suara Voice Biometrics ini kami perkenalkan sejalan dengan meningkatnya kebutuhan nasabah akan layanan yang sederhana, cepat dan andal,” kata Abdy Salmin, Direktur Teknologi dan Operasi, PermataBank.

Voice Biometrics sendiri, kata Abdy, merupakan teknologi baru yang menggunakan pola suara untuk menghasilkan identifikasi unik bagi setiap individu dengan menggunakan lebih dari 50 faktor suara fisik dan perilaku.

Lebih lanjut Abdy memaparkan, karakteristik perilaku meliputi pengucapan, penekanan, kecepatan bicara dan aksen, sedangkan karakteristik fisik mencakup sifat fisik khas saluran vokal, saluran hidung dsb.

Solusi otentikasi berbasis suara ini dilakukan saat nasabah melakukan panggilan telepon melalui PermataTel dimana sistem akan memvalidasi suara dalam hitungan 10 detik.

Dengan demikian, proses verifikasi yang sebelumnya memakan waktu 2 menit kini terpangkas hanya 45 detik tanpa nasabah perlu menjawab begitu banyak pertanyaan yang merepotkan.

Layanan Voice ID ini melengkapi rangkaian layanan berbasis teknologi yang dimiliki oleh PermataBank, yaitu Finger ID dan Facial ID. Ketiga layanan ini diharapkan bisa mempermudah nasabah dalam berinteraksi dengan PermataBank.

Abdy Salimin mengatakan,”PermataBank berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan berbasis teknologi digital untuk memberikan consumer experience terbaik di Indonesia dan pengelolaan risk management yang lebih baik.”

Inovasi ini, dikatakan Abdy, hanyalah merupakan awal dari rangkaian inovasi teknologi digital dari PermataBank dan diharapkan menjadi acuan dalam industri perbankan di Indonesia dalam memberikan layanan perbankan yang sederhana, aman dan cepat.

Sementara itu Budi Rahardjo, Praktisi IT, Dosen dan ahli keamanan informasi menjelaskan, salah satu kesulitan dalam memberikan layanan tanpa tatap muka adalah mengidentifikasi seseorang, baik itu pengguna atau penyedia jasa.

“Secara teori ada tiga cara mengidentifikasi. Pertama adalah dengan sesuatu yang dimiliki, misalnya pengguna harus memiliki kartu ATM atau token. Kedua adalah dengan sesuatu yang diketahui, misalnya dengan menggunakan user id dan password atau (PIN). Ketiga adalah dengan sesuatu yang melekat pada pengguna, misalnya sidik jari dan suara seperti Voice ID. Dalam sistem transaksi biasanya digunakan dua faktor,” terang Budi.

Apalagi, Budi melanjutkan, sebagai pengguna, kita agak keberatan jika harus sering mengungkapkan data pribadi kita, seperti nama ibu kandung.

“Dengan menggunakan Voice ID ini keamanan dapat tetap terjamin sementara kenyamanan meningkat,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Gunawidjaja, Senior VP, Head SQ, OPEX & Contact Center, PermataBank, mengungkapkan, Sepanjang 2017, PermataTel menerima lebih dari 2,3 juta sambungan telepon dari nasabah (incoming call), dimana sekitar 70%-nya dilayani oleh Petugas PermataTel, sedangkan sisanya dilayani oleh mesin swajawab IVR (Interactive Voice Response).

Hadirnya Layanan Voice ID ini, menurut Gunawidjaja, tentunya dapat makin meningkatkan kualitas layanan di PermataTel seperti nasabah tidak perlu mengingat data yang terkadang sulit untuk dijawab.

“Kegagalan verifikasi tentunya membuat ketidakpuasan nasabah karena nasabah harus datang ke cabang dan menyebabkan beban kerja tambahan di cabang,” papar Gunawidjaja.

Baca juga: Berkat Teknologi Mobile, Buka Rekening Bank Bisa di Warkop

Keamanan nasabah pun semakin terjamin karena teknologi ini mampu mengenali suara yang bukan suara nasabah sehingga pencegahan terhadap akses yang dilakukan oleh orang yang tidak berhak dapat dilakukan secepatnya.

“Dengan layanan Voice ID ini, diharapkan, nasabah dapat merasa lebih nyaman dan aman bertransaksi melalui PermataTel,” pungkas Abdy Salimin.

Latest