Surakarta, Selular.ID – Setelah menghadirkan aplikasi Oorth di perangkat Android pada Oktober 2017, di Jakarta, aplikasi lokal media sosial berbasis komunitas, Oorth, secara resmi meluncurkan aplikasi versi iOS dan website di Solo.

Krishna Adityangga, CEO Skynosoft sebagai developer Oorth menjelaskan bahwa, peluncuran ini sekaligus menjadi momentum bagi Oorth sebagai aplikasi media sosial karya anak bangsa untuk dapat lebih dikenal dan diterima oleh masyarakat luas karena tersedia di berbagai platform.

“Masyarakat kini dapat mengakses Oorth melalui Play Store, App Store, atau langsung mengunjungi www.oorth.me,”tutur Krishna di Surakarta, Solo Jawa Tengah, (21/03/18).

Lebih jauh Krishna menjelaskan bahwa, Oorth merupakan aplikasi media sosial yang lebih fokus pada pengembangan komunitas secara digital dan sedikit berbeda dari media sosial pada umumnya.

Dikatakan Krishna, selain memberikan kemudahan untuk chatting bagi komunitas, berbagi foto dan video, Oorth mempunyai fitur utama berupa digital wallet dan donasi stream. Sehingga komunitas-komunitas yang terdaftar dan terverifikasi di Oorth bisa melakukan penggalangan dana dan iuran komunitas secara digital.

Pengguna Oorth sendiri dapat menjadi donatur dalam penggalangan dana yang diadakan oleh komunitas-komunitas tersebut melalui digital wallet yang disebut Skypay.

“Pengisian saldo Skypay juga cukup mudah, hanya dengan mentransfer melalui bank-bank atau merchant yang sudah bekerja sama dengan Oorth,”kata Krishna lag.

Aplikasi Oorth sendiri dikembangkan oleh Skynosoft Portal Prime, sebuah perusahaan software developer berbasis di Solo, Jawa Tengah.

Oorth juga sudah bekerja sama dengan berbagai institusi, perusahaan, dan komunitas dalam rangka pengembangan aplikasi agar lebih menjawab kebutuhan pengguna. Misalnya dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di mana masyarakat cukup membayar zakat melalui aplikasi Oorth.

Baca juga: Ericsson: Masyarakat Indonesia Hanya Pakai 12 Persen Aplikasi Lokal

“Kedepannya kita akan terus jalin kerja sama dengan beragam institusi dan komunitas agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari media sosial Oorth ini. Apalagi sekarang sudah bisa diakses di Android, iOS, dan Web,” tutup Krishna.