Friday, November 22, 2019
Home News Market Update Apakah Smartphone Lawas Oppo Bisa Rasakan AI?

Apakah Smartphone Lawas Oppo Bisa Rasakan AI?

-


Jakarta, Selular.ID – Melalui F5 series yang meluncur November silam, Oppo memperkenalkan satu fitur baru: Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang disematkan pada kamera selfie. Setelah F5, fitur yang dinamakan perusahaan “AI Beauty Recognition Technology” juga tersedia di smartphone terbaru: Oppo A83 dan A71 (2018).

Dengan fitur itu, kamera depan smartphone Oppo bisa membaca komposisi wajah sehingga bisa memberikan hasil selfie yang disesuaikan ke tiap pengguna, yang disebut perusahaan Smart Selfie.

Contohnya pada Oppo A83, kamera depan 8MP-nya mampu memindai 254 titik wajah, serta mempelajari jenis kulit, usia, dan jenis kelamin pengguna pada saat selfie. Hal ini akan menghasilkan foto yang lebih nyata, sesuai dengan keunikan masing-masing pengguna.

Oppo menjelaskan AI di Oppo berbeda dengan AI yang ada di pasaran.

“Algoritma AI Oppo berbeda dengan algoritma AI yang ada di pasaran. Mereka membutuhkan NPU atau neural processing unit, salah satu prosesor yang digunakan untuk pemrosesan AI. Nah uniknya, di Oppo menggunakan apa yang ada di dalam prosesor dan GPU-nya,” ungkap Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, pada acara Media Experience Oppo A83 di Jakarta (21/2/2018).

Jadi Oppo menggunakan kombinasi prosesor dan GPU yang ada di dalam smartphone. Baik itu di F5 series, A83, maupun A71 (2018).

“Prosesor tambahan AI sebenarnya tidak tinggi, sekitar 100Mhz saja bisa jalan. Tapi kami mencoba menyederhanakan hal itu. Karena kalau kita tambahkan satu prosesor lagi, yang terjadi kapasitas baterai akan lebih terkuras ketika menjalankan AI,” jelas Aryo.

Oppo memanfaatkan kombinasi CPU dan GPU besutan Mediatek. Aryo mengatakan tim di Mediatek juga bertanya, kok bisa?

“Karena memang itu Oppo yang buat. Bagaimana AI bisa berjalan di perangkat tanpa tambahan prosesor,” terangnya.

Perlu dicatat, teknologi AI di smartphone Oppo terbaru hanya tersedia di kamera depan, bukan di kamera belakang. Sejak 2016, perusahaan fokus pada pengembangan selfie. Dan itu sudah menjadi trademark-nya Oppo.

“Kata kuncinya fokus. F1 series hadir dengan kamera selfie 16MP, F3 dengan dual camera selfie, F5 adalah AI selfie,” papar Aryo.

Lantas apa setelah AI? Aryo menjawab AI masih sangat bisa dikembangkan.

“Kalau diumpamakan, AI sekarang masih di level 1.0. Di produk ke depan, kami akan mengembangkan AI lebih dalam lagi dan akan sangat berbeda dengan yang ada sekarang. Yang pasti menjadikan selfie lebih menyenangkan,” kata Aryo seraya membocorkan fitur smartphone selanjutnya.

Baca juga:5 Fitur F5 Turun ke Oppo A83

Bagi pemilik smartphone lawas Oppo, mungkin Anda bertanya-tanya apakah bisa merasakan teknologi AI misalnya melalui update software? Aryo menjawab, “Belum (bisa saat ini). Karena smartphone membutuhkan requirement khusus untuk bisa menjalankan AI.”

Sayangnya, Aryo enggan merinci persyaratan yang dimaksud. Sepertinya Anda harus mengganti perangkat lawas Anda ke Oppo model terbaru untuk merasakan AI.

Latest