Monday, August 19, 2019
Home Devices Kamera Pixel 2 Google Gunakan Kecerdasan Buatan, Penasaran?

Kamera Pixel 2 Google Gunakan Kecerdasan Buatan, Penasaran?

-

google pixel 2

Jakarta,Selular.ID – Google baru saja merilis dua perangkat terbaru di jajaran smartphone-nya, Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Rabu (04/10). Kedua flagship tersebut ternyata sudah mendukung kecerdasan buatan (artificial intellegence- AI).

AI digunakan untuk membantu kinerja antara hardware dan software agar dapat beroperasi lebih mulus lagi. Yang lebih menarik lagi, Google juga telah menggunakan kecerdasan buatan ini untuk membantu menghasilkan jepretan mulus di sektor kameranya.

Sebagaimana Selular rangkum dari The Guardians, Jumat (06/10), kecerdasan buatan yang terdapat pada kamera Pixel 2 digunakan untuk mengoptimalkan fitur Lens. Selain itu, AI ini juga dapat menampilkan efek bokeh saat mengambil foto potrait, dan menampilan efek AR (Augmented Reality).

Hasilkan foto bokeh dengan kamera tunggal

Pada mode potrait, kamera Pixel 2 dapat mengidentifikasi fokus objek dan latar tempat hanya dengan satu kamera. Hal ini terjadi karena AI sudah dibekali dengan sistem depth sensing, yang menawarkan hasil jepretan berlatar belakang buram seperti kamera DSLR.

Meskipun Google Pixel 2 belum disematkan oleh dual-camera, namun kemampuan menangkap gambarnya sama seperti ponsel yang disematkan dengan dual-camera. Hal ini lantaran Pixel 2 sudah ditanami dengan sistem sensor piksel ganda.

Selain itu, tidak hanya menggunakan kamera utama, pengguna juga dapat menghasilkan jepretan bokeh dengan menggunakan kamera selfie.

Google juga mengklaim bahwa kamera dengan resolusi 12 MP miliknya merupakan kamera terbaik.

Menggunakan kecerdasan buatan tanpa sambungan internet (cloud)

Tidak seperti kecerdasan buatan lain, AI pada perangkat Pixel 2 selualrsudah dapat berjalan tanpa adanya koneksi internet (cloud). Google sudah merancangnya agar tetap cerdas walaupun perangkat tidak tersambung ke jaringan internet.

Salah satu aplikasi Google yang menggunakan kecerdasan buatan adalah Google Now. Aplikasi ini memiliki fitur dimana dapat meminta perangkat mengidentifikasi dan mendengarkan lagu apa yang sedang dia dengarkan.

“Google Now Playing menggunakan algortima yang menakjubkan, selain itu terdapat sebuah database yang menyimpan lebih dari 100 ribu judul lagu yang selalu diperbarui setiap minggu,” jelas VP Manager Google, Brian Rakowski.

Latest