Thursday, October 22, 2020
Home Tips Cara Pintas Akses Smartphone Dengan Screen Gesture (Part. 2)

Cara Pintas Akses Smartphone Dengan Screen Gesture (Part. 2)

-

Oppo-F3-Plus
Jakarta, Selular.ID – Banyaknya aplikasi di smartphone terkadang membuat Anda lama mengakses menu yang diinginkan. Untuk bisa meluncurkan menu favorit secara kilat, biasanya Anda harus mengunduh aplikasi tertentu. Tidak begitu dengan smartphone OPPO.

Dalam kerangka smartphone OPPO F3 Plus sudah ditanamkan sistem operasi custom dari vendor, bernama Color OS. Pada versi terbaru (Color OS 3.0), software sudah mendukung fitur “Gesture & Motion”.

Nah, fitur tersebut bisa digunakan sebagai cara pintas akses aplikasi favorit di Oppo F3 Plus Contohnya Anda bisa langsung masuk ke aplikasi Whatsapp hanya dengan melukis suatu simbol di layar smartphone. Misalnya Anda lukis huruf W atau M maka secara otomatis Anda akan masuk ke aplikasi Whatsapp. Cara ini bisa di lakukan pada layar terkunci atau sleep.

Untuk masuk ke aplikasi kamera dan Facebook. Bagaimana caranya?

Pertama-tama, masuk ke menu pengaturan “setting” lalu pilih pengaturan “Gesture & Motion”. Di situ terdapat empat menu yang diberikan Oppo F3 Plus yakni “Screen-off Gesture”, “Quick Gestures”, “Smart Call”, serta “Prevent Misoperation”.

Mari kita coba menu pertama. Setelah mengaktifkan screen-off gesture, maka terdapat lima pilihan. Cukup aktifkan semua opsi yang tertera di Oppo F3 Plus dengan cara menggeser ikon (menjadi warna hijau), kemudian fitur-fitur yang tertera, siap digunakan.

Beberapa kegunaan screen-off gesture adalah untuk “Double tap to turn on the screen”, “Double tap to turn on the screen”, lukis “O” untuk mengaktifkan lensa kamera, lukis “V” untuk menyalakan lampu senter, dan opsi pengendali media player dengan gesture.

Selain lima fungsi di atas, Oppo F3 Plus juga bisa untuk mengaktifkan aneka gesture untuk aplikasi lainnya, Anda bisa memilih ”Add Screen-off Gesture”. Di situ, terdapat berbagai opsi gesture yang diberikan.

Terdapat enam opsi di menu ini: lukis “Λ”, sapu ke atas, sapu ke bawah, geser ke kanan, geser ke kiri, lukis “M”, dan lukis “W”.

Misal Anda pilih set gesture lukis “Λ” untuk digunakan sebagai pembuka kunci layar atau untuk membuat panggilan ke kontak tertentu. Tapi ada juga opsi lain yakni untuk membuka aplikasi.

Jika Anda pilih “Start an App” maka akan muncul daftar aplikasi yang Anda miliki di smartphone Oppo F3 Plus. Dari situ, Anda bisa pilih set gesture “Λ” untuk membuka Contact misalnya.

Pada menu kedua “Quick Gestures” terdapat dua opsi: “Gesture screenshot” yaitu mengaktifkan tangkap tampilan layar dengan menggeser ke bawah dengan tiga jari, lalu ada opsi “One-hand operation mode” untuk menyempitkan layar hanya dengan menarik jari dari sudut kana bawah atau kiri bawah kea rah tengah layar.

Pada menu ketiga, “Smart call” adalah untuk mengaktifkan opsi otomatis menjawab telepon masuk ketika smartphone diletakkan dekat telinga, otomatis beranjak ke loud speaker ketika dijauhkan dari telinga, serta mensenyapkan dering telepon masuk hanya dengan membalikkan layar ke posisi tengkurap.

Terakhir, pada menu “Prevent Misoperation” untuk mencegah malfungsi saat smartphone berada di dalam tas atau saku celana misalnya.

Selain lini seri F3 Plus & F3, sebagai informasi fitur Gesture & Motion tersedia juga pada smartphone OPPO lainnya terutama pada perangkat yang akan di luncurkan OPPO F5.

Latest