Best smartphone diatas -4 jutaJakarta, Selular.ID – Smartphone kelas premium masih memiliki ceruk yang positif di Indonesia. Menurut data IDC, pasar ponsel premium terus bertumbuh. Bahkan, di rentang harga Rp5 jutaan, pasar bertumbuh menjadi 3 persen pada kuartal 2 2017. Padahal tahun sebelumnya di periode sama, pangsanya hanya meraup 1 persen.

“Transisi dari smartphone ultra low-end ke tingkat yang lebih tinggi menunjukkan pertanda yang positif untuk Indonesia, terutama dalam hal kompetisi digital. Pergeseran ke arah perangkat yang lebih canggih sangat krusial karena akan membuka kesempatan baru untuk investor lokal ataupun asing terhadap implementasi berbagai trend teknologi digital, seperti misalnya Augmented/Virtual-Reality (AR/VR), Artificial Intelligence (AI), e-commerce, dan lain sebagainya,” ujar Jensen Ooi, Snr Analyst & ASEAN Devices Research Team Lead.

Berikut lima smartphone premium pilihan Selular yang bisa menjadi acuan Anda berbelanja di tahun 2017: Oppo F3, Oppo F3 Plus, Asus Zenfone Zoom S, Vivo V5 Plus, dan Lenovo P2 Turbo.

Oppo F3

Oppo meluncurkan F3, penerus seri Selfie Expert terbaru. Sama seperti pendahulunya, F3 Plus, seri ini juga membawa teknologi dual-front selfie camera dengan sudut lebar 120 derajat. Perbedaannya terletak pada ukuran perangkat yang lebih ramping, yaitu 27% lebih tipis dari pendahulunya, sehingga lebih nyaman saat digenggam atau disimpan dalam kantong.

Oppo F3 juga dilengkapi penampang layar in-Cell 5,5 inci dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 yang dibalut dengan lapisan pelindung khusus untuk menjamin visibilitas layar yang lebih baik.

Banyak pengguna yang frustrasi ketika harus melihat layar smartphone di bawah terik matahari. Baik di dalam maupun luar ruangan, layar FHD In-Cell pada OPPO F3 menawarkan gambar dan kontras yang tajam serta warna yang lebih hidup, sehingga detail dari hasil selfie dapat terlihat dengan jelas di layar, meski pada siang hari yang terik.

Perangkat ini menggunakan prosesor delapan inti yang didukung RAM 4GB dan ROM 64GB serta menawarkan triple-slot tray yang dapat menampung dua kartu SIM Nano 4G. Kehadiran tray microSD memungkinkan penyimpanan internal perangkat ini diperluas hingga 128GB.
Harga: Rp4.399.000

Oppo F3 Plus

Dengan harga resmi Rp6,5 juta, Oppo F3 Plus merupakan smartphone Oppo termahal yang pernah dirilis di Indonesia. Sesuai tagline Selfie Expert, Oppo mengutamakan fitur kamera depan pada semua model besutannya, termasuk F3 Plus. Kalau tahun lalu vendor merilis smartphone dengan resolusi kamera depan terbesar pertama di dunia melalui Oppo F1 Plus, kali ini perusahaan menambahkan senjata kamera untuk kekuatan selfie Oppo F3 Plus.

Bukan satu, vendor menyematkan dua kamera sekaligus di bagian muka handphone. Ya, Oppo F3 Plus mengusung teknologi dual-front selfie camera dengan resolusi 16MP dan 8MP. Selain itu, lensa kedua memiliki sudut lebar 120° sehingga mampu menampung lebih banyak orang untuk berfoto bersama dari kamera depan (group selfie).

Tak kalah canggih, kamera belakang Oppo F3 Plus dengan resolusi 16MP merupakan buah kerja sama vendor dengan Sony untuk mengembangkan sensor IMX398 untuk kamera belakang, dengan besaran sensor 1 / 2,8 inci dan memiliki bukaan diafragma besar F/1.7.
Harga: Rp6.499.000

Asus Zenfone Zoom S

Vendor asal Taiwan menghadirkan varian terbaru smartphone yang handal di fitur fotografi. Mengusung tema Built for Photography, smartphone Asus ZenFone Zoom S ZE553KL dibekali fitur dual lensa. ZenFone Zoom S merupakan smartphone kamera paling lengkap yang pernah dibuat Asus dengan sejumlah fitur baru yang disematkan.

Asus ZenFone Zoom S membawa dual camera di bodi bagian belakang. Pertama sebuah kamera utama berresolusi 12MP dengan aperture f/1.7, 25mm wide-angle , bersensor Sony IMX362 dan ukuran sensor besar yakni 1.4µm pixel (ukuran sensor 1/2.55”). Serta sebuah kamera zoom 59mm 12MP dengan dukungan 2,3x optical zoom dan total 12x zoom.

Kombinasi kedua kamera tersebut membuat ZenFone Zoom S sangat ideal untuk mengambil objek gambar secara umum dan juga macro hingga sedekat 10cm, sementara kamera optical zoom sangat baik untuk mengambil objek foto jarak jauh. Kelebihan utama dengan adanya dua kamera dengan lensa yang focal length-nya berbeda adalah kemampuannya untuk memungkinkan pengguna berpindah lensa dan membuat foto dalam perspektif yang berbeda.
Harga: Rp6.499.000

Vivo V5 Plus

Vivo V5 Plus mengemas spesifikasi yang lebih tinggi ketimbang pendahulunya. Masih menonjolkan kecanggihan kamera, V5 Plus mempunyai dual kamera depan 20MP + 8MP yang juga ditemani “selfie softlight” flash.

Kamera depan 20MP menggunakan sensor Sony IMX376 1/2.78″ dengan bukaan lensa f/2.0 dan 5P lens system. Sementara, kamera depan tambahan mempunyai resolusi 8 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Fitur pendukung ini dapat membuat efek foto bokeh lebih tajam sambil memburamkan latar belakang. Terdengar sama seperti kemampuan yang dimiliki aplikasi Portrait Mode di iPhone 7 Plus. Namun bedanya, hal ini diusung oleh kamera depan di V5 Plus.

Terlepas dari kamera depan, ukuran megapixel di kamera belakang smartphone juga tak kalah mumpuni. Ada kamera single unit berukuran 16MP yang dilengkapi dengan LED flash, f/2.0 aperture, serta perekaman video kualitas 4K.
Harga: Rp5.399.000

Lenovo P2 Turbo

Lenovo memperkenalkan lini smartphone terbarunya dengan kapasitas daya baterai besar, P2 Turbo. Smartphone ini ditujukan bagi mereka yang sering berada di jalan atau penikmat multimedia. Lenovo P2 Turbo dengan kapasitas baterai besar dan kemampuan isi ulang cepat, bisa memecahkan masalah terbesar konsumen seperti kekhawatiran akan daya yang menipis.

Kapasitas baterai Lenovo P2 Turbo yang sebesar 5.100 mAh ini diklaim bisa bertahan selama tiga hari. Lenovo mengklaim P2 Turbo bisa digunakan untuk memutar video selama lebih dari 18 jam, hanya dengan satu kali pengisian daya.

Lenovo P2 Turbo juga dilengkapi dengan 24W rapid charger yang memberikan daya hingga 10 jam hanya dengan pengisian selama 15 menit. Lenovo P2 Turbo juga dilengkapi dengan teknologi audio TheaterMax untuk memberikan suara surround.

Fungsi unik lain yang dimiliki Lenovo P2 Turbo adalah Dual App, pengguna bisa mengelola dua akun berbeda di aplikasi yang sama. Sebagai contoh, pengguna bisa melakukan pengaturan untuk dua akun WhatsApp, Hike atau Google Play Store yang berbeda, yang dihubungkan ke dua SIM di Lenovo P2 Turbo.
Harga: Rp4.499.000

Best Editor’s Choice: Lenovo P2 Turbo

Lenovo sepertinya menyadari daya tahan baterai di smartphone merupakan hal penting dalam aktivitas pengguna yang mobile. Berkaca dari itu, membuat Lenovo kembali menghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai berdaya besar.

Kehadiran P2 Turbo guna menjawab kebutuhan konsumen akan baterai yang mampu tahan lama. Dikatakan, Lenovo P2 Turbo merupakan smartphone powerhouse dengan kapasitas baterai yang tahan selama tiga hari, sehingga sangat cocok bagi pengguna yang memiliki aktivitas padat yang banyak menghabiskan waktu diluar ruangan.