Beranda News Apple Kurangi Keakuratan Fitur Face ID, Ini Alasannya

Apple Kurangi Keakuratan Fitur Face ID, Ini Alasannya

-

FaceIDJakarta, Selular.ID – Keamanan iPhone X sangat bergantung pada fitur baru yang sebelumnya tidak pernah ada pada ponsel lain, yaitu Face ID.

Face ID adalah serangkaian sensor kompleks yang mampu memproyeksikan lebih dari 30.000 titik sinar inframerah ke wajah seseorang untuk membuat peta wajah 3D dengan sangat terperinci.

Dengan lahirnya sistem keamanan baru ini, Apple dengan bangganya mengatakan bahwa kemungkinan orang lain bisa membuka iPhone X dengan fitur Face ID adalah 1 dibandingkan 1.000.000, tentunya ini jauh lebih aman daripada 1 dibandingkan 50.000 kemungkinan orang membuka iPhone X dengan sidik jari mereka yang bisa saja sama.

Namun, adanya fitur ini membuat Apple mengalami beberapa masalah. Dengan semakin dekatnya waktu peluncuran iPhone 8 dan iPhone X, Apple mengalami kesulitan dalam memproduksi iPhone X.

Seperti yang Selular lansir dari laman Phone Arena pada, Kamis (26/ 10), bahwa Apple dengan tenang mengatakan kepada pemasok kalau perusahaan dapat mengurangi keakuratan Face ID agar lebih mudah diproduksi.

Beberapa analisis mengklaim bhwa meski iPhone terbaru akan mengalami penurunan keakuratan Face ID, Apple hanya memiliki 2-3 juta ponsel pada hari peluncurannya. Sedangkan untuk selanjutnya, Apple diklaim hanya akan memasok 25-35 juta ponsel saja.

Sebenarnya, di awal perkiraan Apple bisa memproduksi ponselnya mencapai 40 juta unit, namun kesulitan rantai pasokan membuat jumlahnya menjadi berkurang.

Masalah yang sebenarnya disebabkan oleh proyektor titik yang dimiliki oleh fitur Face ID. Manufaktur itu memerlukan ketepatan antara proyektor titik itu sendiri dengan lensa kaca diatasnya. Jika terjadi sedikit perbedaan antara keduanya, hal ini bisa menyebabkan hasil yang tidak akurat.

Laporan saat ini mengatakan bahwa pada beberapa titik di bidang manufaktur, teknologinya sangat sulit untuk membuat fitur Face ID menjadi sempurna, hanya 20 persen dari apa yang dihasilkan dari lini produksi yang benar-benar bekerja.

Untuk mengatasi semua kekhawatiran ini, Apple memiliki sebuah persyaratan baru untuk standar teknologinya, dan belum diketahui apakah hal ini akan mempengaruhi kualitas pemindaian wajah yang sudah ada sekarang.

Artikel Terbaru