SHARE

https://youtu.be/-WaiFRddBmg

Jakarta,Selular.ID – Salah satu fitur anyar yang dibesut Apple untuk perangkat terbarunya, iPhone X, cukup menyita perhatian pecinta gadget. Fitur ini memang sudah tersedia dari dulu, bahkan di beberapa perangkat lain selain Apple.

Namun yang membedakan, face unlock ala Apple ini memiliki kemampuan untuk mengenali wajah walaupun sedang berada di keadaan yang gelap atau kurang pencahayaan. Selain itu, sistem pengenalan wajah ini dibekali dengan kamera 3D, agar proses verifikasi pengguna lebih akurat.

Keberadaan fitur ini tersemat di dalam sistem operasi iOS versi 11, dimana sekarang ini masih belum tersedia untuk publik. Salah seorang pembocor tersohor, Guilherme Rambo, telah mengetahui keberadaan fitur ini dan mempublikasikannya melalui sebuah tayangan video yang ia unggah ke YouTube.

Dalam video berdurasi 30 detik, Rambo mencoba untuk memverifikasi wajahnya ke perangkat dengan cara menangkap seluruh bagian wajah (sudut-ke-sudut). Setelah dicocokan, maka perangkat akan mengenali wajah si pengguna tersebut.

Seperti yang Selular rangkum dari laman PhoneArena pada, Sabtu (09/09), dengan adanya fitur ini maka si pengguna dapat membuka kunci perangkat serta memverifikasi identitas untuk metode pembayaran, Apple Pay.

Hadirnya fitur ini sepertinya berbekal dari ketidakmampuan Apple untuk menyematkan sensor sidik jari ke perangkat terbarunya, kemungkinan karena iPhone X ini memiliki layar OLED. Maka demikian, perusahaan menggunakan rencana kedua, yakni dengan menyematkan fitur Face ID sebagai metode keamanan perangkat.

Diketahui, Apple membeli salah satu perusahaan asal Israel, RealFace, untuk membenamkan fitur Face ID ke perangkat terbarunya. RealFace dikatakan memiliki teknologi yang mumpuni dalam bidang pengenalan wajah, khususnya face unlock. Maka dari itu, Apple percaya kepada perusahaan asal Israel ini untuk membuat fitur Face ID, agar data-data para pengguna tetap aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here