Selasa, 28 Mei 2024
Selular.ID -

Alibaba Group Keluarkan Dana USD15 Miliar Untuk Perluas Jaringan

BACA JUGA

alibabaJakarta, Selular.IDAlibaba akan menginvestasikan 5,3 miliar yuan untuk meningkatkan sahamnya di Cainiao Smart Logistics Network menjadi 51 persen dari 47 persen. Pengumuman tersebut disampaikan saat Alibaba dengan cepat memperluas jaringan e-commerce dan logistiknya ke luar negeri untuk mendiversifikasi basis konsumennya.

“Komitmen kami terhadap Cainiao dan investasi tambahan dalam logistik menunjukkan komitmen Alibaba untuk membangun jaringan logistik yang paling efisien di China dan di seluruh dunia,” CEO Alibaba Daniel Zhang mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa (26/09).

Seperti yang Selular lansir dari laman Reuters, Selasa (26/09), Cainiao menjadi fokus penyelidikan tahun lalu oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Efek AS (SEC) ke dalam praktik akuntansi Alibaba.

Alibaba, yang akan mendapatkan tempat duduk tambahan di dewan Cainiao yang memberikannya empat dari total tujuh kursi, menambahkan bahwa lebih banyak saham dikeluarkan dalam putaran pendanaan ke investor lain. Itu tidak memberikan rincian tentang penerbitan lainnya, yang akan mempengaruhi penilaian Cainiao.

Investasi tersebut juga menandakan niat Alibaba untuk meningkatkan kontrol atas pasar pergudangan dan pengiriman domestik China, yang semakin kompetitif karena perusahaan berusaha memanfaatkan data logistik tentang pembeli cerdas di negara ini.

Perusahaan yang dipimpin oleh tokoh milyuner Jack Ma, mengatakan bahwa investasi jangka panjang USD15 miliar akan digunakan untuk mengembangkan teknologi datanya dan memperbaiki pergudangan dan pengirimannya.

Pertarungan untuk mengendalikan jaringan logistik di China terkadang menciptakan ketegangan antara perusahaan e-commerce dan perusahaan pengiriman.

Pada bulan Juni, perusahaan logistik utama SF Holding memutuskan hubungan dengan Cainiao, yang memberikan dukungan logistik secara langsung ke platform e-commerce Alibaba atas Taobao.

SF Holding mengklaim bahwa Alibaba telah meminta data yang tidak terkait dengan perjanjian kemitraan yang ada. Namun perusahaan Alibaba membantah klaim tersebut.

Perusahaan logistik China juga telah menarik miliaran dolar dari investor ekuitas, meskipun banyak yang menghadapi tantangan dengan listing publik baru-baru ini.

Saham ZTO Express Inc (ZTO.N), yang mengumpulkan $ 1,4 miliar dari IPO New York Oktober lalu, turun 22 persen dari harga listing to-date.

Best Inc, sebuah perusahaan pengiriman China yang didukung oleh Alibaba, mengumpulkan setengah dari apa yang semula dimaksudkan untuk di IPO A.S. minggu lalu.

Seseorang yang dekat dengan Alibaba, yang meminta tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa saat ini Cainiao sedang mempertimbangkan IPO.

Diketahui, Alibaba mendirikan Cainiao pada tahun 2013, dengan mitra termasuk pemilik department store Intime Group, konglomerat Fosun Group dan beberapa perusahaan logistik. Ini mengawasi sekitar 57 juta pengiriman sehari.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU