SHARE

Rudiantara, Mentri Telekomunikasi dan Informatika
Rudiantara, Mentri Telekomunikasi dan Informatika
Jakarta, Selular.ID – Terjadinya gangguan layanan akibat anomali pada satelit Telkom 1, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara meminta seluruh pelanggan untuk tenang.

Rudiantara menyampaikan bahwa Dirut Telkom, Alex J Sinaga telah berkoordinasi dengan pihaknya dan menjelaskan kronologis gangguan yang terjadi pada satelit Telkom 1.

“Saya sudah bahas dengan Dirut Telkom, kita harus amankan slotnya, harusnya dia (Telkom 1) orbit hingga 2018 jadi mungkin ada satu tahun kosong. Kominfo akan membantu Telkom melakukan suspend atas slotnya sehingga aman untuk Indonesia, itu dulu fokusnya,” jelas menteri yang akrab disapa Chief RA usai menghadiri acara di Grha XL, Jakarta, (29/8/2017).

Telkom 1 disampaikan Rudiantara yang seharusnya berakhir masa operasinya pada 2018 nanti, diperkirakan tidak akan berfungsi normal kembali. Sehingga slot Telkom 1 akan kosong selama setahun ke depan.

Telkom sendiri baru akan meluncurkan satelit Telkom 4 jika sesuai jadwal pada pertengahan 2018 untuk menggantikan Telkom 1.

“Yang kemarin sedang diteliti oleh Telkom dan juga Lockhead Martin sebagai pabrikan, kenapa bisa tidak berfungsi. Padahal kalau secara umum memang bisa beroperasi 15 tahun. Tetapi dengan perjanjian khusus antara Telkom dan Lockhead Martin ini, bisa lebih dari 18 atau 20 tahun,” ungkapnya.

Lebih lanjut diimbau oleh Rudiantara setiap perkembangan Telkom 1 harus disampaikan kepada publik mengingat masalah ini dampaknya besar. Di samping itu, satelit adalah bisnis yang penuh risiko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here