Wednesday, December 11, 2019
Home News Bos XL Ungkap Alasan Utama Melepas Kepemilikan Sahamnya di Elevenia

Bos XL Ungkap Alasan Utama Melepas Kepemilikan Sahamnya di Elevenia

-

Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini
Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini
Jakarta, Selular.ID – XL Axiata belum lama ini melepas kepemilikan sahamnya di Elevenia. Ini artinya XL jadi operator kedua yang menutup bisnis e-commerce-nya setelah Indosat Ooredoo yang juga melakukan hal sama kepada Cipika.

Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata menyampaikan bahwa sejauh ini memang belum ada kisah sukses operator dalam berbisnis e-commerce baik di Indonesia maupun di dunia.

XL Axiata melepas saham kepemilikannya di Elevenia dikatakan Dian karena ingin fokus pada bisnis utamanya sebagai operator Telco.

“SK Planet juga melepas saham Elevenia karena SK Telecom juga ingin fokus pada bisnis utamanya,” ungkapnya.

Dian menceritakan pada saat Elevenia dihadirkan pada sekitar tahun 2013 hingga 2014 lalu, e-commerce Indonesia masih sepi. Tapi ternyata e-commerce Indonesia berlembang pesat dengan imvestasi besar yang berdatangan dari luar sehingga profitabilitas menjadi makin kecil.

“Pada saat sudah berjalan mulai tahun 2016 datang pemain besar masuk ke Indonesia dan ecommerce Indonesia menjadi crowded dengan investasi besar dari luar. Sehingga kalo kita mau teruskan akan butuh dana yang besar, sedangkan sebagai perusahaan telco kita bergerak di industri yang butuh investasi besar pula. Apalagi pemain nomer 1 sudah menjadi sangat besar sekali dengan masuknya Alibaba, belum lagi Amazone juga diperkirakan bakal masuk,” jelas Dian.

Kondisi inilah yang pada akhirnya membuat XL mengambil keputusan untuk melepas Elevenia dan dana yang dimiliki perusahaan difokuskan untuk bisnis telco supaya core bisnisnya menjadi lebih kuat.

Lebih lanjut Dian menyampaikan bahwa hasil penjualan kepemilikan saham di Elevenia akan digunakan untuk pengembangan core bisnis perusahaan dan bisnis digital lainnya yang masih berdekatan dengan core bisnis. Namun sayang Dian tidak bisa mengingkapkan berapa nilai transakai penjualan saham e-commerce milik XL tersebut.

Latest