Sistem Peringkat UC News Pastikan Orisinalitas Konten

UC Browser
Jakarta, Selular.ID – UCWeb, perusahaan milik Alibaba Mobile Business Group, memperkenalkan sistem peringkat baru pada platform agregator konten mereka, UC News. Sistem peringkat baru ini bertujuan untuk menyediakan sistem komprehensif bagi kreator konten individual pada platform UC We-Media.

Sistem ini juga memungkinkan para kreator agar dapat meningkatkan pengaruh dan eksistensinya serta membangun kredibilitasnya dengan upaya yang berkesinambungan dalam pembuatan konten, mempertahankan orisinalitas konten dan besarnya fokus kreator untuk kategori konten tertentu dalamplatform UC News.

Sistem peringat ini dirancang sebagai bagian dari infrastruktur platform untuk memastikan bahwa kreator konten dapat memenuhi permintaan yang beragam dari pengguna, untuk akses konten yang mudah serta meningkatkan pertumbuhan kreator yang mematuhi kebijakan konten platform, juga kemampuan monetisasinya.

Sistem ini memiliki 4 peringkat sesuai dengan indeks poin. Akun yang baru terdaftar akan disertifikasi sebagai Kreator Perunggu (0 – 49,9 poin). Setelah melewati pemeriksaan dan persetujuan kualitas konten, maka peringkat mereka dapat ditingkatkan menjadi Kreator Perak (50 – 69,9 poin), Kreator Emas(70 – 84,9 poin) dan Kreator Berlian (85 – 100 poin).

Akun dengan poin lebih tinggi akan mendapatkan lebih banyak rekomendasi dari pengguna, sehingga memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Selanjutnya, akun dengan sertifikasi Kreator Perak keatas juga akan menerima sejumlah rekomendasi tambahan.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada bulan Desember 2016 melaporkan bahwa terdapat hampir 800 ribu situs di Indonesia yang menyebarkan berita palsu dan kebencian. Kami ingin berkontribusi untuk melindungi ekosistem konten agar dapat lebih dipercaya dan bersahabat bagi setiap pembaca dengan memperkenalkan sistem peringkat ini,” kata Donald Ru, General Manager UCWeb Indonesia, Alibaba Mobile Business Group, pada siaran resmi yang diterima Selular.ID.

Peringkat akun akan ditingkatkan secara otomatis saat indeks meningkat. Poin indeks dihitung berdasarkan beberapa faktor termasuk tingkat pengaruh yang meliputi daya tarik profil, respon tepat waktu terhadap komentar pembaca, dan kualitas konten. Faktor penentu lain adalah orisinalitas untuk memastikan konten bebas dari plagiarisme dan mencantumkan kutipan untuk bagian konten yang diambil dari sumber eksternal. Tingkat keaktifan akun juga dapat menjadi bagian dalam menentukan poin indeks.

Baru-baru ini sebuah laporan mengenai pertumbuhan kontributor konten Indonesia pada platform UC We-Media yang diterbitkan oleh UC News pada bulan Juli 2017 menunjukan bahwa walaupun UC We-Media mengalami sedikit fluktuasi selama bulan Ramadan, tren pasar dari pendapatan kreator konten menunjukan pertumbuhan yang baik, naik 54,99% dari bulan Maret sampai Juni dengan peningkatan sebesar 50,88% dari total pageviews. Selain itu, jumlah pengikut di platform UC We-Media juga terus meningkat secara konstan sejak bulan Maret sampai Juni dengan peningkatan sebesar 188,98%.

“Dengan meningkatnya jumlah pageviews dan pembaca, sistem peringkat ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan kreator untuk berbagi gagasan dan juga ide, yang pada akhirnya menghasilkan konten berkualitas lebih baik,” tutup Donald.