Thursday, May 28, 2020
Home Aksesoris Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang USB Type-C

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang USB Type-C

-

usb cJakarta, Selular.ID – Seiring perkembangan teknologi di lini ponsel, belum lama ini hadir sebuah teknologi fast charging. Pada dasarnya, teknologi ini sudah banyak hadir di ponsel dengan menggunakan USB Type-C sebagai media penyimpanan maupun pengisian daya.

USB Type-C atau yang seringkali disebut USB-C adalah spesifikasi USB untuk sebuah konektor yang mempunyai 24-pin dan bisa dibolak-balik untuk keperluan transfer file atau pengisian daya baterai. USB-C versi 1.0 pertama kali diperkenalkan oleh USB Implementers Forum dan diselesaikan pada bulan Agustus 2014 lalu.

Berkat kehadirannya, sekarang banyak perusahaan ponsel berlomba-lomba untuk memproduksi ponsel dengan menggunakan USB Type-C, yang mana akan membuat ponsel tersebut memiliki fitur fast charging. Selain fitur fast charging, USB Type-C ini diklaim dapat menaikkan kecepatan transfer file hingga 10 Gb per detik.

Namun, ada beberapa fakta yang meyebutkan bahwa USB Type-C ini masih memiliki kekurangan. Apa saja kekurangannya?

1. Banyak Beredar USB Type-C Palsu

Sekarang ini, banyak produsen aksesori pihak ketiga yang hanya mementingkan kuantitas dibanding kualitas. Yang pada akhirnya akan merugikan konsumen jika menggunakan produk yang dikembangkan oleh pihak tersebut.

USB-C memiliki rancangan yang berbeda dengan tipe USB lainnya. Pada dasarnya, USB Type-C lebih rumit dalam mengatur pengisian daya maupun transfer data. Jika para produsen pihak ketiga mengembangkan tipe USB-C tidak sesuai dengan aturan, maka secara tidak langsung akan merusak komponen yang ada pada ponsel kalian.

2. Curangnya Produsen Pihak Ketiga

Demi meraup untung banyak tanpa memikirkan keselamatan konsumen, para produsen aksesori pihak ketiga nekat membuat USB-C tanpa standardisasi. Mereka hanya merubah ujung dari kabel micro USB biasa menjadi Type-C. Hal ini dapat merusak perangkat secara perlahan.

3. Belum Memiliki Standardisasi

Demi menjadikan produknya memiliki fitur yang bisa didapat dari USB Type-C, para produsen dengan “seenaknya” menonjolkan beberapa fitur yang fungsinya kurang baik dari USB-C itu sendiri.

Sebaiknya, para produsen ponsel membuat sebuah standardisasi umum yang dapat digunakan oleh produsen lain maupun pihak ketiga. Hal ini berguna agar USB Type-C yang beredar dipasaran memiliki spesifikasi yang sama, sehingga aman untuk digunakan.

TERBARU

iPhone 12 Diprediksi Meluncur November 2020

Jakarta, Selular.ID - Rumor mengenai Apple yang bakal menunda peluncuran iPhone 12 terus beredar....

Lebaran, Trafik Data Tri Meningkat 57%

Jakarta, Selular.ID - Lebaran tahun ini Tri Indonesia mencatat kenaikan 57% jika dibandingkan dengan hari...

Huawei P40 Pro Plus Dirilis Juni

Jakarta, Selular. ID - Seperti diketahui Huawei resmi meluncurkan P40 Pro secara global pada...

Latest