Sabtu, 18 Mei 2024
Selular.ID -

Evolusi Charger Apple: Dari 30-Pin hingga USB-C

BACA JUGA

Selular.ID – Kilas balik bukan hanya charger lightning dan USB-C yang telah di berikan oleh Apple selama ini pada perangkat pintarnya, namun ada juga port pengisian daya lain sebelum keduanya ada.

Seiring berjalannya waktu, Apple telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Inovasi mereka dalam perangkat pintar, seperti iPhone, iPad, dan iPod, telah menjadi standar industri.

Namun, satu aspek yang terus berubah sepanjang dua dekade terakhir adalah jenis charger yang digunakan oleh perangkat-perangkat ini.

Pada tahun 2003, Apple memperkenalkan charger pertama mereka dengan koneksi 30-Pin. Charger ini menjadi standar untuk sebagian besar perangkat Apple selama hampir satu dekade.

Desainnya yang tangguh dan kompatibilitas yang luas membuatnya sangat populer di kalangan pengguna.

Namun, pada tahun 2012, Apple membuat lompatan besar dengan memperkenalkan kabel Lightning. Ini adalah desain yang lebih kecil, lebih ramping, dan reversible, memungkinkan pengguna untuk memasangnya dengan mudah tanpa harus memusingkan arah penghubung.

Langkah ini juga memungkinkan untuk pengisian daya lebih cepat dan transfer data yang lebih efisien.

Pada tahun 2023, Apple kembali memperbarui charger mereka dengan koneksi USB-C. Langkah ini menunjukkan komitmen Apple untuk terus mengadopsi standar industri terbaru.

USB-C adalah antarmuka serbaguna yang banyak digunakan oleh perangkat-perangkat modern, dari smartphone hingga laptop. Dengan ini, pengguna Apple dapat memanfaatkan ekosistem perangkat elektronik dengan lebih mudah dan cepat.

Photo by AppleHub

Perubahan charger selama dua dekade ini mencerminkan pendekatan Apple terhadap inovasi dan adaptasi terhadap perubahan teknologi.

Meskipun mungkin sedikit merepotkan bagi beberapa pengguna yang harus mengganti aksesoris mereka, ini juga membawa manfaat besar dalam hal kinerja, efisiensi, dan kompatibilitas.

Dengan demikian, pengguna Apple dapat terus menikmati pengalaman teknologi terbaik yang ditawarkan oleh perusahaan ini.

Baca juga : Apple Akan Lebih Dahulu Luncurkan iPhone 15 Dari Pabrikan India

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU