Monday, March 30, 2020
Home News E-Commerce Mbiz Tambah Fitur Layanan Jasa dalam Platformnya

Mbiz Tambah Fitur Layanan Jasa dalam Platformnya

-

images (1)Jakarta, Selular.ID – Mbiz.co.id
platform layanan digital e-commerce dan e-procurement business to business (B2B) dan business to government (B2G) baru-baru ini menambahkan fitur services yang fokus pada layanan jasa.

Andik Duana Putra, Commercial Director Mbiz dalam keterangan resminya menuturkan bahwa fitur itu untuk memberikan nilai lebih kepada user yang menjadi klien. Layanan yang disediakan antara lain, menyediakan jasa event organizer (EO), maintenance (building facilities), voucher, leasing, rental, serta outsourcing (tenaga security).

“Layanan ini sudah kita persiapkan, dan Agustus 2017 sudah ready.Misalnya untuk layanan EO, user kita tidak perlu lagi harus bertemu langsung dengan klien. Karena itu tidak efektif. Kita siapkan fitur pitching, yang membuat user kita dapat bertemu langsung dengan klien secara online. Efektifitas mencapai 70% dibandingkan dengan konvensional,” jelas Andik.

Lebih jauh Andik menuturkan, berdasarkan bisnis modelnya, platform Mbiz memiliki konsep yang berbeda dengan platform e-commerce pada umumnya. Kalau bisnis e-commerce, fokus pada platform untuk transaksional, Mbiz lebih dari itu. Mbiz, jelasnya, merupakan platform yang menyediakan total business solution untuk procurement kepada segmen enterprise. Dari sisi channeling, Mbiz juga hanya fokus kepada perusahaan-perusahaan besar (blue chip enterprise).

“Perusahaan-perusahaan yang menjadi user kita adalah perusahaan besar. Jadi, memang layanan kita fokus kepada skala enterprise,” ujar Andik.

Andik menuturkan, terdapat dua hal mendasar yang membedakan Mbiz dengan platform lainnya yaitu dari sisi konsep bisnis dan channeling. Fokusnya adalah mengedepankan total business solutions.Hal tersebut berbeda dengan platform lainnya, yang fokus kepada transaksional.

Saat ini, kata Andik, platform Mbiz menyediakan 11 kategori produk (barang dan jasa) dan 4000 sub kategori. Sementara, jumlah user yang berasal dari perusahaan skala besar sudah mencapai sekitar 1200 user. Angka tersebut ditargetkan bertambah sekitar 30% sampai akhir 2017.

Dengan fitur yang tersedia di Mbiz, Andik mengatakan kalau tahun ini Mbiz mentargetkan nilai transaksi dapat tumbuh tiga kali lipat, atau lebih dari Rp 3 triliun pada 2017, dari realisasi nilai transaksi pada akhir 2016 yang mencapai Rp1,3 triliun.

Andik menambahkan, jumlah nilai transaksi yang dicapai sampai akhir 2016 bertumbuh sangat signifikan. Pasalnya, lanjut dia, Mbiz resmi mulai beroperasi sejak Juli 2016. Tak hanya itu, pada akhir tahun lalu, Mbiz juga telah mendapat pendanaan dari salah satu investor asal Jepang, Tokyo Century Corporation.

“Di tahun 2016 kita mendapatkan pencapaian yang signifikan. Tahun lalu, kita dapat investor yaitu Tokyo Century Corporation. Ini menjadi modal kita untuk terus bertumbuh di tahun ini. Kita targetkan nilai transaksi tumbuh triple digit, atau sekitar Rp3 Triliun lebih,” pungkas Andik.

Latest