SHARE

video lipsync

Jakarta, Selular.ID – Banyak orang menyukai musik, kendati cara menampakkannya berbeda-beda. Beberapa di antaranya menunjukkan kecintaan akan musik hanya dengan mendengarkannya baik melalui radio, televisi, MP3 player atau smartphone. Dan sebagian lainnya lebih ekspresif dengan menyanyikannya. Bahkan tak jarang sambil bergoyang.

Untuk tipe kedua, biasanya memilih tempat-tempat karaoke untuk menyalurkan hobinya itu. Atau bahkan tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli perlengkapan elektronik pendukung. Padahal sebenarnya cukup dengan smartphone Anda sudah bisa karaokean. Tentunya selain smartphone, Anda juga perlu memasang aplikasi mobile yang bertebaran di toko aplikasi online seperti Google Play dan App Store.

Setiap ingat tentang lipsync, mungkin ingatan kita langsung menuju ke video fenomenal ‘Sinta dan Jojo’ yang kala itu heboh dengan video lipsing ‘Keong Racun”. Selain duet Keong Racun, mungkin kita juga mengenal lipsync yang diperankan oleh Briptu Norman waktu itu bertingkah seperti penyanyi dari negeri Bollywood. Video lipsync bisa mengantarkan mereka ke panggung popularitas, dari semula orang biasa menjadi artis karbitan.

Lima aplikasi video lipsync yang Selular.ID pilihkan di edisi ini begitu populer di kalangan pengguna smartphone. Semua orang kini bisa menjadi penyanyi dadakan tanpa harus minder atas kualitas suara mereka. Selain mengeluarkan bakat bernyanyi, pengguna juga bisa merekam video seperti membuat video clip yang bisa mereka simpan di storage smartphone.

[nextpage title=”Dubsmash”]dubsmash

Dubsmash
Nama Dubsmash sempat melambung di kalangan pengguna smartphone karena banyak selebriti, mulai dari dalam negeri hingga mancanegara, yang ikutan tampil. Dubsmash dapat membuat video lipsync dengan berbagai macam suara atau lagu yang sangat lucu. Bukan cuma lagu, Anda juga bisa memerankan suatu adegan dalam film.

Dubsmash sendiri merupakan aplikasi buatan Mobile Motion GmBH. sebelum mulai membuat video, ada baiknya kita membuat akun Dubsmash terlebih dahulu. Sebenarnya kita dapat langsung membuat video meski tanpa akun, namun fitur-fitur yang disediakannya cukup terbatas.

Dalam Dubsmash terdapat tiga kategori yang bisa Anda pilih yaitu kategori Trending, Discover dan My Sounds.

Untuk kategori Trending sendiri terdapat beberapa tema yang dapat dipilih diantaranya adalah Comedy, Love, Cartoon, Animals, Reality TV, Party dan Superheroes and Villains yang menyajikan berbagai klip suara yang ada di dalam film Star Wars, Harry Potter, Batman, Iron Man, hingga Joker. Pada kategori Discover, pengguna bisa mencari klip suara berbeda dari yang ada di Trending. Sedangkan pada kategori My Sounds, pengguna diberi kebebasan untuk menggunggah klip suara sendiri.

Dubsmash menyediakan lagu atau suara sehingga kita bisa langsung membuat video dengan cepat dan instan. Berbagai suara tersebut dibuat oleh pengguna Dubsmash di seluruh penjuru dunia. Caranya buka aplikasi Dubsmash, lalu di halaman utama Anda akan melihat daftar suara yang sedang populer di kalangan pengguna Dubsmash. Jika ingin mencari suara yang baru saja diunggah oleh pengguna lain, silahkan buka tab ‘Latest”. Klik tombol Play yang ada di sebelah kiri untuk mendengarkan terlebih dahulu. Jika sudah menemukan suara yang cocok, klik judul suara tersebut untuk mulai membuat video lipsing yang unik.

Untuk memulainya cukup klik tombol Start yang ada di bawah layar. Anda dapat mengganti kamera yang digunakan dengan mengklik ikon kamera yang ada di sebelah kanan atas. Setelah selesai, klik tombol berbentuk tanda panah di pojok kanan atas. Sampai saat ini sendiri, sudah banyak koleksi audio berbahasa Indonesia yang bertengger di library Dubsmash, bahkan sampai lagu dangdut pun ada disana.

Jika suara yang disediakan Dubsmash tidak sesuai selera, Anda juga dapat mengunggah suara atau lagu sendiri dari perangkat Anda. Caranya buka tombol menu yang ada di sebelah kiri, lalu pilih opsi ‘Add Sound’.

[nextpage title=”Musical.ly”]MUSICALLY

Musical.ly
Musical.ly adalah aplikasi untuk merekam video pendek, dan hasilnya bisa langsung share ke feed social media Anda sendiri. Sekilas aplikasi ini memang mirip seperti Instagram, bedanya, saat direkam, video Musical.ly bisa langsung diedit. Pengguna juga bisa memotong atau menyatukan bagian-bagian tertentu dari video, lalu menambahkan musik atau efek suara, supaya videonya tambah lucu atau dramastis. Hal utama yang membuat Musical.ly banyak disukai adalah karena fitur edit videonya lengkap sekali.

Pada dasarnya apikasi tersebut ini dibilang sebagai hasil perpaduan dari Vine, Snapchat, dan Dubsmash. Lewat aplikasi tersebut, para penggunanya — yang disebut sebagai “musers” — bisa merekam dan memamerkan video musik berdurasi 15 detik dari lagu favorit mereka.

Musical.ly memuat beragam fitur di dalam aplikasi agar tampilan video lipsync makin keren. Ada fitur Time Machine yang memutar video secara reverse. Ada fitur Time Trap yang bisa membuat video seperti diputar berulang-ulang, epic, slow motion, fast dan lapse. Ada juga fitur Color Filter, yang membuat video tampil dalam berbagai warna dan nuansa, termasuk nuansa vintage dan black and white. Meskipun fiturnya banyak, tampilan menu Musical.ly tetap sederhana. Namun karena Musical.ly melakukan banyak sekali proses editing dalam satu platform, kadang aplikasinya berjalan agak lamban.

Pertama kali masuk ke dashboard aplikasi ini, Anda akan bisa melihat langsung pengguna yang sedang live membuat video di Musical.ly. Hampir mirip dengan Bigo Live. Untuk membuat video Anda pribadi, caranya dengan menekan tombol tambah yang berada di bawah dan berwarna kuning tersebut. Pilih musik yang Anda inginkan sebagai backsound yang mendukung performa Anda dalam membuat video.

Musical.ly telah menyediakan banyak library musik dari berbagai genre sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing lagi untuk mencarinya. Untuk memilih lagu tekan menu Pick Music.
Setelah Anda memilih musik yang pas untuk backsound, kini saatnya membuat video yang Anda inginkan. Anda juga bisa memanfaatkan fitur epic, slow, norm, fast dan lapse untuk mengatur kecepatan video tersebut. Jika sudah, tekan icon video yang berwana merah muda tersebut. Saat proses editing, Anda dapat memilih color filters dan melakukan trim untuk membuat kesan keren di video tersebut.

Serunya lagi, Musical.ly suka mengadakan kompetisi sesuai tren yang sedang ramai. Misalnya, mengadakan kompetisi lipsync lagu yang lagi viral. Kalau mau ikutan, pengguna tinggal bikin video kreasi lipsync lagu tersebut, lalu upload. Nanti pemenangnya bakal dapat hadiah seperti merchandise dari pihak Musical.ly atau sponsor.

Untuk mendapatkan Musical.ly, tinggal download di Playstore atau Appstore. Gratis. Selanjutnya, setelah download dan login, pengguna bisa langsung lihat video-video yang pernah di-upload oleh pengguna lainnya.

[nextpage title=”Sing! Karaoke by Smule”]SING KARAOKE SMULE

Sing! Karaoke by Smule
Bagi Anda yang hobi karaokean mungkin pernah dengar soal aplikasi yang satu ini. Aplikasi karaoke Smule mempertemukan pengguna dengan rekan duet dari seluruh dunia dalam layar satu ponsel pintar. Anda dapat merekam, berbagi, sampai menggunakan berbagai filter suara untuk memperindah hasil nyanyian.

Uniknya lagi, Anda bisa berduet dengan teman atau bersamaan dalam satu grup. Bahkan, ada juga fitur untuk berduet dengan sang penyanyi aslinya. Tak perlu khawatir tidak menemukan lagu favorit, karena Smule dilengkapi dengan lebih dari 800.000 koleksi lagu yang selalu ditambah setiap harinya. Di dalamnya terdapat berbagai kategori musik seperti pop, metal, rock, klasik dan lain-lain atau pilihan kategori berdasarkan artis dan negara. Sing! mempunyai sistem rekomendasi yang didasarkan pada preferensi masing-masing pengguna.

Sing! Karaoke by Smule adalah aplikasi yang tak lain diciptakan oleh pengembang bernama Smule dan memulai debutnya pada 8 Agustus 2012 di App Store. Bagi Smule aplikasi ini merupakan proyek paling sukses yang menghantarkan Smule ke posisi yang sekarang. Walaupun jauh sebelum Sing! sudah ada beberapa aplikasi yang lahir lebih dulu. Seperti Sonic Boom yang diluncurkan di tahun 2008, kemudian Magic Fiddle di 2010, termasuk Glee Karaoke yang juga menggarap kategori yang sama.

Sing! juga menawarkan platform unik di mana pengguna dapat terhubung ke jaringan komunitas Smule. Di sana pengguna dapat saling berinteraksi lewat suara dan menyanyikan lagu bersama anggota komunitas yang menyukai lagu tertentu.

Jika berhasil login, Anda akan dihantarkan ke halaman seperti ini. Buatlah nama pengguna untuk akun Anda, bebas asal sistem tidak menolaknya. Tambahkan juga foto profil jika dirasa perlu.

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih genre atau kategori musik yang kemungkinan Anda kuasai. Jika sudah, tap menu Next.
Selanjutnya barulah Anda diminta untuk memilih satu buah lagu untuk dinyanyikan. Sampai di sini sebaiknya ambil headset dan sambungkan ke perangkat Anda. Barulah Anda diminta untuk menyanyi. Di layar akan ada lirik lengkap dengan tempo lagu aslinya. Jika belum siap, ada tombol pause yang bisa digunakan untuk menampilkan beberapa opsi lanjutan. Apakah ingin mengulang, mengganti lagu atau terus saja. Di panel utamanya sendiri, Anda dapat menemukan berbagai menu, baik di bagian atas maupun di bagian bawah. Menu tab Recommended berisikan daftar lagu yang disesuaikan dengan preferensi Anda.

[nextpage title=”KamStar”]KAMSTAR

KamStar
KamStar membawa fitur yang tak kalah menarik seperti Musical.ly dan Dubsmash. Dibandingkan kedua aplikasi lipsync tersebut, KamStar memiliki real-time VFX untuk efek visual yang dramatis seperti filter-filter konyol, stiker, subtitle, hingga beauty. Di sini, tersedia banyak stiker bermimik lucu yang bisa dipilih sehingga Anda dapat membuat musical video sendiri dengan bermacam stiker berkarakter, yang disebut fitur Face Painting.

KamStar didukung oleh teknologi video kreatif dari tim VivaVideo. Efek kreatif yang disajikan antara lain gerak lambat (slow motion), time lapse, dan speed.

Tak hanya lipsync lagu saja, KamStar juga menyediakan fitur dubbing suara dari siaran televisi favorit. Untuk memulai merekam music video, pilih suara atau musik favorit di KamStar. Lalu, buat lipsync video sendiri menggunakan visual effect dan filter. Aplikasi mobile besutan QuVideo Inc. ini menyediakan pilihan suara dari top-chart paling baru, khususnya musisi Hollywood. Anda juga bisa merekam dan menggunggah musikal, voice track, dan audio remix bikinan sendiri ke koleksi Anda.

Dengan kamera KamStar, Anda bisa menyulihsuara dan mengirimkan video potret ukuran penuh ke Instagram. Hal tersebut akan membuat efek suara Anda tampil beda dari video singkat lainnya. Setiap video yang Anda buat, orang lain bisa memberikan respon seperti menuliskan komentar, member tanda Love, dan menyebarkannya ke media social. Bahkan bila pengguna mempunyai akun Musical.ly, mereka juga bisa membagikannya ke layanan ini.

Selain Lipsync, KamStar juga memiliki fitur kompetisi menyanyi ‘KamStar Challenge’ yang menantang pengguna untuk berkreasi sekreatif mungkin. Anda bisa mengajak teman untuk bernyanyi bersama atau juga mengadu bakat dengan musisi yang sudah terkenal.

[nextpage title=”Mimic”]MIMIC

Mimic
Mimic merupakan sebuah aplikasi untuk membuat lip-sync video dengan lagu populer atau percakapan lucu yang dapat kita tiru dengan ekspresi bebas tanpa batas. Pengguna juga dapat melihat jutaan video yang sudah tersedia didalam Mimic, lebih banyak ketimbang para kompetitornya.

Sama-sama dikembangkan oleh Baidu, Mimic bisa melihat banyak video lucu yang direkam oleh para host kocak CliponYu, termasuk Gina Mannequin, Sandy Rachel, Xoxo Grace, Citra Ayuzawa, dan masih banyak lagi. Selain merekam, orang lain juga bisa memberikan tanda Like dan mengomentari video tersebut, serta share video tersebut ke media sosial.

Tampilan user interface Mimic sangat sederhana untuk aplikasi sekelas video musical. Hanya ada menu Home, Record, dan pengaturan akun. Panel Home hanya ada dua kategori yaitu Popular dan Recent. Tampilan video-nya pun sangat ringkas dibagi antara kiri dan kanan. Untuk log in, Anda akan diberi opsi masuk melalui social media Facebook atau Twitter. Tak bisa masuk melalui akun e-mail pribadi.
Cara membuat video di Mimic sangat mudah. Hanya dengan menekan tombol ‘M’ untuk melakukan perekaman video sembari mengikuti suara yang unik. Anda bisa memilih banyak koleksi suara yang diupdate setiap hari dari Soundboard.

Jangan takut mati gaya, karena Mimic juga menyediakan beragam efek video seperti rekam cepat atau gerak lambat (slow motion) di setiap angle video yang dibuat. Setelah proses merekam selesai, Anda bisa memilih apakah ingin memamerkannya ke media sosial atau hanya akan menjadi koleksi pribadi sendiri dengan fitur Private.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here