Monday, January 27, 2020
Home News Wow! Oppo Cetak Angka Pertumbuhan Tahunan 99% di 2016

Wow! Oppo Cetak Angka Pertumbuhan Tahunan 99% di 2016

-

OPPO-F1-PLUS-FC-BARCELONAJakarta, Selular.ID – Strategy Analytics, biro riset pasar internasional baru-baru ini mengeluarkan laporan terbaru untuk pengapalan smartphone global di tahun 2016 lalu.

Secara umum, dalam laporannya Strategy Analitics menyebutkan bahwa tahun lalu pengapalan smartphone mengalami peningkatan. Di mana secara total pengapalan smartphone mendekati angka 1,5 miliar (1,488 miliar) unit perangkat.

Dari komposisi lima besar vendor smartphone terbesar di tahuna 2016, Samsung memang terlihat masih bertengger di posisi pertama, di mana secara unit, perusahaan ini tercatat mengapalkan sekitar 309,4 juta unit dan mengamankan pangsa pasar 20,8%. Atau mengalami penurunan dari tahun sebelumnya (2015), di mana perusahaan saat itu berhasil mengapalkan 319,7 juta unit.

Tempat kedua masih diduduki Apple dengan total pangsa pasar 14,5% yang disusul kemudian oleh Huawei (9,3%). Di posisi keempat, bertengger Oppo dengan pangsa pasar 5,7% dan Vivo di posisi lima dengan perolehan 4,8% pangsa pasar.

Jika ditilik lebih jauh, tahun 2016, Oppo merupakan vendor smartphone yang memiliki performa paling menonjol. Bagaimana tidak, vendor global asal Tiongkok ini menurut laporan Strategy Analitics berhasil mencetak angka pertumbuhan tahunan 99%. Sebagai perbandingan, tahun 2015 lalu Oppo menurut data Strategy Analitics tercatat berhasil mengamankan pangsa pasar 2,8%. Secara total tahun lalu, Oppo secara unit berhasil mengedarkan sebanyak 39,7 juta unit smartphone. Sementara tahun 2016 lalu, dengan pengapalan 84,6 juta unit smartphone, Oppo berhasil mencetak pangsa pasar 5,7%.

“OPPO berkembang dengan cepat di Cina dengan beberapa model smartphone Android populer, di antaranya R9. Tantangan Oppo berikutnya di 2017 adalah untuk memperluas pasar di luar Tiongkok dan melanjutkan momentum di negara berkembang seperti India dan Nigeria,” demikian tulis Stratgy Analitics dalam keterangan resminya.

 

Di Indonesia

Di pasar smartphone Indonesia, Oppo juga berhasil mendongrak performanya. Vendor asal Tiongkok ini mampu terus memperbesar pangsa pasarnya di Indonesia dan terus mengejar Samsung sebagai pemimpin pasar. Dari yang sebelumnya di Q4 2015 meraih 21% pangsa pasar, di kuartal awal tahun 2016, Oppo sukses menambah raihannya menjadi 23%. Bahkan jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu (year in year), kinerja Oppo menunjukkan peningkatan sebesar 187%.

Strategi Oppo yang fokus pada produk Camera Phone dinilai sukses menarik minat pasar. Juga tidak lepas dari strategi lainnya. Seperti memberikan intensif kepada penjual smartphone, agresifnya promosi Oppo juga dibarengi dengan strategi pemanfaatan brand ambassador. Tercatat Oppo beberapa kali menunjuk artis Indonesia yang sedang naik daun untuk menjadi brand ambassador-nya

‘Rapor biru’ Oppo berhasil dipertahankan di Q2 2016, dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 19%. Memang terlihat ada penurunan dibandingkan Q1 2016, namun besarnya pangsa pasar di Q2 2016 jauh lebih besar hingga 22% dibandingkan Q1 2016. Atau dengan kata lain, dengan raihan 19% di Q2 2016 Oppo tetap mengalami kenaikan penjualan produknya.

Begitu juga ketika memasuki Q3 2016, Oppo berhasil mempertahankan posisi kedua dengan penguasaan pasar sebesar 16,7%. Ini lantaran Oppo mampu menjaga momentum dari produknya. Terutama untuk seri F1s yang bisa bertahan cukup lama. Termasuk dengan mengeluarkan varian F1s Raisa Phone di penghujung tahun. Tidak Cuma itu, Oppo juga merilis seri terbaru yaitu Oppo A39 di akhir tahun. Ini tidak lain untuk menjaga pangsa pasarnya di kuartal akhir 2016 (Q4 2016).

Latest