Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Pakai OLED, Harga iPhone 8 Bisa Tembus Rp 15 Jutaan

BACA JUGA

iphone

Jakarta, Selular.ID – 2017 merupakan tahun besar bagi Apple dan para fanboy (sebutan penggemar produk Apple), karena menandai ulang tahun ke-10 sejak iPhone pertama meluncur ke pasaran. Karena itu, Apple fanboys dan penggiat teknologi sama-sama bersemangat untuk melihat sajian selanjutnya dari raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam tersebut.

Beberapa spekulasi yang berhembus menyatakan bahwa Apple akan merilis tiga smartphone unggulan antara lain iPhone 7s dengan layar 4,7 inchi, iPhone 7s Plus dengan layar 5,5 inchi, dan iPhone 8 dengan layar 5,8 inchi. Nama persis iPhone 8 masih belum pasti, ada yang menyebutnya dengan iPhone X.

Secara tampilan luar, iPhone X mungkin berbeda dengan desain khas iPhone yang memiliki tombol Home fisik di depan. Kali ini Apple meniadakan tombol Home di iPhone X. Selain itu, layar 5,8 inchi mengadopsi jenis OLED edge-to-edge yang juga diberikan sensor 3D. Sensor besutan Lumentum ini digunakan untuk dua kemungkinan, bisa untuk face recognition atau bahkan augmented reality.

Ada mutu tentu berpengaruh kepada harga jual. Menurut sumber yang dekat dengan rencana Apple 10th anniversary ini, iPhone generasi berikutnya akan dilego sebesar USD 1000 atau Rp15 jutaan. Penggunaan panel OLED menjadi alasan utama kenaikan harga iPhone, di mana biaya OLED lebih mahal dua kali lipat dari harga LCD saat ini. Apple sendiri baru menggunakan layar OLED untuk produk Apple Watch dan touch bar pada MacBook Pro terbarunya.

Sebagai perbandingan saat ini kita bisa menemukan iPhone 6 (128GB) di pasaran Indonesia dengan harga Rp 12 jutaan. iPhone 6 sendiri masih memakai panel LCD seperti seri iPhone lainnya.

Apple melakukan investasi cukup besar untuk memasok layar OLED. Pasokan layar OLED Apple akan dibeli dari Samsung. J.P Morgan mencatat, pembelian tersebut dilakukan dalam durasi satu tahun dengan nilai sekitar USD 4 miliar atau Rp 52,6 triliun.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU