Iklan Mobile Video di Indonesia Tumbuh 381 Persen

IMG_20170213_183234
Jakarta, Selular.ID – Seiring tingginya tingkat penetrasi smartphone, mobile advertising juga mengalami pertumbuhan di Indonesia. InMobi, salah satu platform mobile advertising, menunjukkan pertumbuhan kampanye mobile di Tanah Air telah tumbuh 2 kali lebih besar sepanjang tahun 2016 saja.

Hari ini, InMobi mengumumkan telah berhasil membawa lebih dari 850 publisher ke dalam jaringannya di Indonesia. Jumlah tersebut, menurut InMobi, sudah mencapai hampir 90% dari total pengguna smartphone di Indonesia, atau sekitar 69,1 juta perangkat mobile (prediksi eMarketer).

Dalam diskusi media hari ini, Naveen Tewari, pendiri dan CEO InMobi, mengatakan Indonesia merupakan salah satu pasar yang sangat potensial bagi pertumbuhan mobile market di Asia Tenggara.

Naveen percaya bahwa industri mobile-marketing akan mengalami pertumbuhan yang positif di Indonesia. Iklan video mobile menjadi pendorong utama transisi iklan di media konvensional (televisi) ke mobile (smartphone) untuk tahun ini.

“Tren iklan di TV menunjukkan penurunan, sementara iklan mobile terus mengalami pertumbuhan. Tren itu terjadi hampir di setiap negara, termasuk Indonesia,” ujar Naveen di hadapan sejumlah media di Jakarta (13/2/2017).

Dengan preferensi konsumen yang telah beralih ke ponsel, InMobi melihat pertumbuhan sebesar 381% pada konsumsi iklan berbentuk video oleh pengguna ponsel di Indonesia di tahun 2016.

Menurut Naveen, iklan video memberikan hasil 4 kali lebih baik dibandingkan format iklan tradisional, sehingga banyak pengiklan memanfaatkan solusi iklan video dari InMobi yang inovatif dan menarik.

Selain terus berinovasi di konten video, InMobi juga mempertajam pemanfaatan fitur lokasi yang ada di smartphone.

“Bukan penawaran berdasarkan lokasi terdekat, melainkan mempelajari siklus aktivitas pengguna. Misalnya dalam sebulan terakhir Anda terdeteksi beberapa kali mengunjungi showroom mobil, maka kami akan sediakan iklan yang relevan seperti program pembelian mobil terbaru dan menarik, bukan saat Anda di showroom,” papar Naveen.

Saat ini Naveen mengklaim InMobi telah hadir di sekitar 40.000 aplikasi (global). Khusus di Tanah Air, InMobi telah bekerjasama dengan 40 pengembang aplikasi dari Top 100 App di Indonesia, termasuk aplikasi berita, games, dan utilitas.

Dengan memberikan nilai keuntungan yang tinggi (Return on Ad Spent/ RoAS of 5) untuk para pemain di industri commerce pada kuartal terakhir, InMobi mengklaim telah menjadi salah satu mitra terbesar mobile remarketing bagi para pengiklan di Indonesia.